27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Parah, Pencemaran di Kali Wariori, DPRD Desak DLHP Segera Uji Sampel

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pencemaran akibat limbah di Kali Wariori, Distrik Masni diduga sudah mencapai ambang batas. DPRD Manokwari meminta pemerintah daerah segera mengambil langkah tegas.

    Hasil uji sampel Kali Wariori juga sudah dikeluarkan Lab PPLH Universitas Papua. Pada Rabu (8/12/2021) digelar pertemuan dengan sejumlah unsur untuk menyikapi masalah ini.

    Kepala Kampung Bowi Subur SP-6, Purwadi menjelaskan bahwa warganya dalam berbagai pertemuan telah menyampaikan kondisi lahan pertanian mereka yang kian memperihatinkan. Lahan mereka tidak lagi memberikan hasil maksimal karena terjadi pencemaran akibat menurunnya kualitas air.

    “Saat awalnya mengeluh ke distrik terkait mereka menyampaikan ada pendangkalan irigasi (primer dan sekunder). Selain itu air yang mengairi pertanian untuk tanaman kangkung mati. Padi juga hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Tanaman cabe dan sayur mayur jika menggunakan air Kali Wariori tanaman mati. Dan sudah disurvei beberapa pihak memang ada indikasi pencemaran,” paparnya.

    Baca juga:  Komisi A DPRD Manokwari Inisiasi Penyusunan Ranperda Kearsipan

    Ia berharap Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan segera turun ke lapangan untuk melihat kondisi Kali Wariori. Agar DLH bisa langsung mencari solusi.

    Asisten Pemkab Manokwari, Wanto, menyampaikan, penanganan Kali Wariori harus segera diselesaikan. Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan secepatnya harus menidaklanjuti pengaduan masyarakat yang diterima dengan mengambil sampel di lokasi.

    “Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan dengan kewenangannya agar segera dalam waktu yang tidak terlalu lamu untuk menindaklanjuti kesepakatan kita bersama ini dengan pengambilan sampel air agar diketahui lebih jelas kandungan air dari adanya bahan-bahan dan zat tercemar di sana. Agar bisa segera ditetapkan langkah selanjutnya,” katanya.

    Baca juga:  Program Indonesia Pintar, Ribuan Siswa di Manokwari Bakal Dapat Beasiswa Pendidikan

    Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Syamsul Hadi mengatakan, dirinya bersama aparat kampung dan warga sudah melakukan kunjungan lapangan. Ia mengaku melihat langsung kondisi Kali Wariori.

    “Yang terjadi di sana jelas. Pertama matinya ikan-ikan. Kedua, adanya pendangkalan kolam kangkung maupun kolam ikan akibat sedimentasi maupun menguningnya dan rusaknya tanaman kangkung dan padi sawah pada Sp-6-, SP-7 dan SP-,” terang Syamsul.

    Di kesempatan yang sama anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Siswanto, meyakini DLHP Kabupaten Manokwari dapat menuntaskan problem ini. Kinerja DLHP sudah teruji dengan menangani persoalan limbah perkebunan kelapa sawit PT MPHS Sidey hingga tuntas.

    Baca juga:  Mugiyono Mohon Do’a Dan Dukungan Maju DPR RI  

    “Kita diharapkan mampu pula menyelesaikan persoalan yang dihadapi warga saat ini terkait dugaan pencemaran Kali Wariori yang sangat memperihatinkan karena sebagian besar terkena dampaknya,” pintanya.

    Menurut dia, masalah ini cukup serius. Karena menyangkut hajat hidup masyarakat setempat.

    Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran, Pengelolaan Keanekaragaman Hayati dan Pengaduan Lingkungan DLHP Manokwari Yohanes Ada’ Lebang, menyampaikan akan segera melakukan pengambilan sampel air dan uji lab. Agar bisa terdeteksi kandungan di Kali Wariori.

    “Setelah itu baru kita tentukan langkah. Yang utama adalah menyelamatkan lahan pertanian yang terdampak saat ini, sehingga aktivitas petani dapat berjalan normal kembali dan lebih baik,” tutup dia. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...