25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Koalisi NGO Kawal Insiden Kapal Tabrak Terumbu Karang di Teluk Doreri

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Sejumlah non-governmental organizations (NGO) membentuk koalisi mengawal insiden Kapal Motor (KM) Mitra Mulia yang menabrak terumbu karang di Teluk Doreri, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, akhir pekan lalu.

    Koordinator koalisi ini, Musa Mambrasar, yang juga seorang pengacara dalam koalisi ini, menegaskan komitmennya untuk membawa insiden ini ke jalur hukum.

    “Kami dari koalisi advokasi terumbu karang Teluk Doreri akan terus mengawal kejadian itu. Ini bukan pertama kali kejadian sehingga kita kawal sampai putusan di pengadilan,” ujarnya, Rabu (20/9/2023).

    Baca juga:  Kapolres Kaimana Kumpulkan Kepala Suku, Ajak Dukung Vaksinasi

    Selain itu, mereka juga mendesak agar awak kapal ditahan selama proses penyelidikan. Poin utama dalam penanganan kasus ini adalah proses gugatan perdata.

    Mambrasar menjelaskan NGO yang tergabung dalam koalisi ini antara lain Ketapang Dive Community (KDC), Yayasan Pusaka Belantara, serta Green Peace.

    Baca juga:  Polisi Tingkatkan Status Insiden KM Mitra Mulia ke Penyidikan, Belum Tetapkan Tersangka

    Ketua KDC, Alex Sitanala, menjelaskan setelah insiden tersebut, pihaknya sudah melaporkannya ke Satpolair Polresta Manokwari.

    “Kami juga sudah diambil BAP. Kita tidak mau kejadian ini terus berulang. Kalau kejadian pertama tahun 2021 lalu kita selesaikan secara kekeluargaan dengan melakukan rehabilitasi, tetapi kalau sekarang ini harus sampai proses pengadilan. Kita juga ingin ada keseriusan dari instansi terkait terhadap hal ini,” jelasnya.

    Baca juga:  353 Ketua RT/RW Dapat Insentif dari Pemkab Manokwari

    Sitanala juga menyoroti perlunya pemasangan rambu-rambu peringatan di kawasan Teluk Doreri untuk memberi peringatan kepada kapal-kapal yang akan melintasi daerah tersebut.

    Insiden ini terjadi, Minggu (17/9/2023) malam. Hingga saat ini, kapal yang mengangkut semen tersebut masih belum dievakuasi dari lokasi kejadian. (LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...