28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Juliana Kukuhkan 6 Bunda PAUD, Gubernur: Jadilah Motor Penggerak Lewat Pemberdayaan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Papua Barat Juliana Kiriweno Mandacan mengukuhkan enam Bunda PAUD wilayah kabupaten dengan masa bhakti 2021-2024, Senin (13/12/2021).

    Mereka yang dikukuhkan, ialah Junita Linda Kamuru dari Kabupaten Sorong, Beatrix Anggiluli dari Sorong Selatan (Sorsel), Fauziah Helga Tampubolon Umlaty dari Raja Ampat, Sri Lestari Waran dari Manokwari Selatan (Mansel), Lidiana Nuham Saroi dari Pegunungan Arfak (Pegaf), dan Priska Prisilia Kasihiw dari Kabupaten Teluk Bintuni.

    Baca juga:  Presiden Jokowi Akan Resmikan Bandara di Asmat hingga Tinjau Ladang Jagung di Keerom

    Prosesi pengukuhan yang tergelar di ruang Kaimana Swiss-belhotel Manokwari itu berlangsung khidmat serta dihadiri oleh Bunda PAUD se Papua Barat.

    Usai pengukuhan, kegiatan itu kemudian dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama para Kelompok Kerja (Pokja).

    Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan, bahwa PAUD berperan penting dalam pengembangan Sumberdaya Manusia yang berkualitas. Namun, untuk memaksimalkan tercapainya tumbuh kembang anak diperlukan suatu wadah guna memberikan layanan PAUD yang berkualitas.

    Baca juga:  Provinsi Termiskin Didominasi KTI, Senator Papua Barat Minta Terapkan Kebijakan Khusus

    Oleh sebab itu, pemerintah perlu untuk mendorong kesadaran dan partisipasi masyarakat guna menghadirkan layanan berkualitas.

    Salah satu yang strategis, ialah dukungan dan peran Bunda PAUD, dari nasional hingga lokal sebagai motor penggerak sebagaimana gerakan nasional PAUD berkualitas yang telah dicanangkan pemerintah sejak 19 Maret 2015.

    “Kehadiran Bunda PAUD sebagai motor penggerak utama, diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan gerakan nasional PAUD melalui pemberdayaan peran serta masyarakat,” kata Dominggus.

    Baca juga:  GMNI Manokwari Desak KPU RI Beri Kejelasan Jadwal Tes Psikologi Calon Komisioner KPU Pegaf

    Disisi lain, mantan Bupati Manokwari dua periode itu, berharap, agar dalam pembahasan Rakor Bunda PAUD dapat menghasilkan program kerja yang tepat sasaran.

    Sebab, Bunda PAUD dipandang sebagai salah satu pemangku kepentingan yang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas.

    “Tugas Bunda PAUD adalah berperan aktif dalam pengembangan program PAUD di wilayahnya. Mari, bersama Bunda PAUD kita ciptakan generasi emas di Papua Barat,” kata Dominggus.(LP7/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...