Sabtu, Juli 31, 2021
25.9 C
Manokwari
25.9 C
Manokwari
Sabtu, Juli 31, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

92,311
Total Kematian
Updated on Saturday, 31 July 2021, 07:28 7:28 am
549,343
Total Kasus Aktif
Updated on Saturday, 31 July 2021, 07:28 7:28 am
3,372,374
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Saturday, 31 July 2021, 07:28 7:28 am

Jelang Penyerahan ke Pemkab Manokwari, Hermus Tinjau Fasilitas ASDP

MANOKWARI, Linkpapuabarat.com – Bupati Manokwari Hermus Indou meninjau sejumlah fasilitas perhubungan di Manokwari, Rabu (31/3/2021). Salah satunya adalah pelabuhan Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) yang sebentar lagi akan diserahkan ke Pemkab Manokwari.

Selain ASDP, Hermus juga meninjau pengujian kendaraan bermotor di Kelurahan Sowi. Fasilitas ini tengah dalam proses sertifikasi untuk pemanfaatannya.

“Kita ingin memastikan kondisi fasilitas ini masih baik atau perlu pembenahan. Termasuk juga memastikan operasionalnya,” ungkap Hermus.

Hermus mengatakan selama ini pelabuhan ASDP sudah berlangsung dengan baik. Meski diakuinya ada jembatan di dermaga yang sudah mengalami kerusakan karena diterjang gelombang yang cukup tinggi.

Fasilitas ini kata dia, masih menjadi kewenangan Kementerian. Belum diserahkan ke Pemkab Manokwari.

“Anggaran daerah kita masih terbatas untuk perbaikannya sehingga akan diajukan agar bisa diperbaiki baru dihibahkan ke Pemkab Manokwari,” jelas Hermus.

Sedangkan untuk pengujian kendaraan bermotor pengoperasiannya masih menunggu perlengkapan persyaratan dari Balai Perhubungan Darat. Perlengkapan itu terkait dengan proses sertifikasi yang sedang dilakukan.

“Kita patut berbangga karena bisa memiliki alat pengujian ini agar bisa memastikan kondisi kendaraan di Manokwari agar meminimalisir kendaraan yang tidak layak jalan,” katanya.

Sayangnya ini belum bisa dioperasikan secara optimal karena menunggu sertifikasi. Kata Hermus, setelah sertifikasi nanti, fasilitas ini bisa melayani masyarakat dalam menguji kelayakan kendaraan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Manokwari Alberth Simatupang mengungkapkan dalam waktu dekat ini pelabuhan ASDP akan diserahkan ke Pemkab Manokwari. Termasuk juga pengujian kendaraan bermotor akan di sertifikasi sebelum dioperasikan.(LPB3/red)

Latest news