27.1 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Indonesia siap membawa panggung dunia kembali ke Bali, menjadi tuan rumah global tourism forum 2021″

    Published on

    Linkpapuabarat.com-Industri Pariwisata merupakan industri yg berkembang sangat cepat di dunia. Sebagai platform internasional, Global Tourism Forum telah menjembatani terlaksananya pertemuan para tokoh dan investor dunia sejak tahun 2014.

    Sebagai negara yg memiliki potensi pariwisata yg sangat besar, Indonesia telah dipilih sebagai tuan rumah untuk Annual Meeting Indonesia Global Tourism Forum 2021.

    GTF merupakan brand dari World Tourism Forum Institute (WTFI) dan suatu kolaborasi platform yang difokuskan pada tantangan-tantangan yang dihadapi oleh industri pariwisata dan perjalanan. GTF memainkan peranan penting dalam menarik investasi langsung ke dalam negeri. Karena itu GTF menjadi sangat penting terutama dlm masa sulit seperti saat ini.

    Pariwisata merupakan industri yang terkena dampak ekonomi terparah akibat adanya covid 19. Data yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020 pada bulan november, bahwa total penurunan jumlah wisatawan mancanegara hingga bulan desember 2020 mencapai -88.95%.

    Baca juga:  Dewan Pembina Dinilai tak Netral, Munas HIPMI Hujan Interupsi

    Penurunan drastis dampak dari pandemik global ini menjadikan Indonesia hanya menerima angka wisatawan 153.498 kunjungan wisman hingga bulan September 2020. Padahal, pada bulan September di tahun 2019, Indonesia mampu meraih wisatawan Internasional 1.388.719 kunjungan.

    Kondisi pelemahan drastis inilah yang memotivasi Indonesia Tourism Forum untuk menemu kenali bagaimana sesungguhnya model bisnis pariwisata yang tepat diimplementasikan dalam kondisi pandemi global. Inilah alasan mengapa Conference In Tour hari ini mengambil tema besar Recovery and Beyond.

    Sehingga ITF bersama GTF dan WTFI memformula penyelenggaraan In Tour Conference sebagai upaya awal untuk menemukan sinergi kebangkitan pariwisata. Tidak hanya untuk pariwisata Indonesia. Tetapi juga pariwisata dunia. GTF dan ITF berharap di tahun 2021, Industri MICE dapat setidaknya kembali melahirkan event-event berkelas dunia.

    Baca juga:  Hadiah HPN 2021 Ribuan Wartawan mendapat Prioritas Akan Divaksin Corona

    Sebagaimana In Tour Hybrid Conference ini merupakan kick-off atau langkah awal dari diselenggarakannya Global Tourism Summit, yang kembali dapat diselenggarakan di Bali. Dengan menghadirkan kembai tokoh-tokoh pariwisata dari seluruh belahan dunia di Bulan Oktober 2021.

    Dalam pernyataannya, Chairman Indonesia Tourism Forum (ITF), Sapta Nirwandar menyatakan ” dalam setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Di tengah pandemi covid 19 global, dengan kreatifitas, inovasi dan keberanian akan ditemukan kemudahan dan jalan keluar untuk menemukan peluang”

    Dengan terpilihnya Indonesia sebagai Tuan Rumah Annual Meeting Global Tourism Forum 2021 menunjukkan masih adanya kepercayaan internasional terhadap Indonesia sebagai destinasi wisata yang aman, selain bertujuan untuk menarik investasi asing sebanyak-banyaknya bagi Indonesia.

    Baca juga:  Mercys Charles Loho Nahkodai Perkumpulan Keluarga Besar Woloan Se Jabodetabek

    Seperti dinyatakan oleh Presiden WTFI – Bulut Bagci bahwa GTF 2021 merupakan ajang pertemuan antara Agen dan operator perjalanan, Pengusaha & pengelola hotel, Pebisnis lokal & asing, Grup investor & bankir, Perusahaan konsultan investasi, dan Politisi, Pejabat Pemerintah dengan tokoh-tokoh eksekutif.

    Dalam rangka menuju persiapan GTF 2021 maka Indonesia Tourism Forum (ITF) menyelenggarakan hybrid event sekaligus sebagai in tours conference dengan berkolaborasi dengan WTFI. Konferensi berlangsung dan disiarkan secara marathon berurutan dengan Istanbul, Turki dan berakhir di Washington, Amerika.

    Dengan tema “ Recovery and Beyond “ maka GTF 2020 ini merupakan kebangkitan industri pariwisata di era New Normal, bukan hanya untuk Indonesia tapi juga kebangkitan pariwisata ASEAN. (*)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    RI Perkenalkan 135 Produk Indikasi Geografis di Jenewa, Ada Kopi hingga Hasil Laut

    JENEWA,linkpapua.com- Indonesia mendapatkan kesempatan emas untuk memperkenalkan 135 produk indikasi geografis lokal pada Sidang...

    Lindungi Sumber Daya Genetik, Menkumham Teken Traktat Internasional di Jenewa

    JENEWA,linkpapua.com- Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly meneken traktat internasional tentang Sumber Daya...

    PWI Jalankan Sanksi DK Terkait Polemik Dana BUMN, 3 Pengurus Resmi Mundur

    JAKARTA, linkpapua.com- Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry Ch Bangun akhirnya menuntaskan pelaksanaan...