25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Hermus Sanjung Warga Toraja: Mampu Membawa Budayanya ke Mana Saja

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyanjung masyarakat Toraja yang selalu menjaga muruah budayanya di mana pun berada. Hermus menyebut Toraja adalah suku yang kuat dan punya peran besar di Manokwari.

    Hal itu diutarakan Hermus saat menghadiri perayaan Natal Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Manokwari di Tongkonan Soribo, Sabtu (10/12/2022). Perayaan Natal bersama dihadiri oleh ribuan warga IKT dan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari.

    Hermus mengatakan, IKT terus mempertahankan identitas budayanya. Identitas itu dibawa ke mana pun.

    “Perayaan Natal Ikatan Keluarga Toraja malam hari ini sangat luar biasa karena Natal malam hari ini penuh dengan kebersamaan, tetapi juga penuh kebahagiaan dan sukacita. Tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak,” ujarnya.

    Baca juga:  Kepala Dinas PMK Teluk Bintuni Minta Maaf atas Insiden Bio Bintuni, Tegaskan Bukan Kesengajaan

    Hermus menilai, Suku Toraja sedang membangun identitasnya di hadapan Tuhan. Sebab, kata dia, Tuhan menciptakan dan menggolongkan manusia menurut suku ras dan golongan.

    “Jadi, kalau ada suku-suku yang hari ini merayakan Natal di Manokwari bersyukur Tuhan menciptakan kita dan menempatkan golongan kita menurut suku itu dan kita wajib beribadah menurut suku kita masing-masing,” terang dia.

    Masih kata Hermus, budaya dan identitas ini bukan diciptakan oleh manusia. Namun, Tuhanlah yang menciptakannya.

    Baca juga:  Pertemuan dengan Pemda, Ini Empat Poin Permintaan Aliansi Honorer Nasional Mansel

    “Identitas ini diberikan kepada kita dan kita wajib melestarikannya sebagai wujud penghormatan kepada Tuhan sang pencipta kebudayaan kita sendiri,” katanya.

    Hermus juga memuji persatuan masyarakat Toraja.

    “Saya kira ini karena persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan oleh keluarga besar Suku Toraja di Kabupaten Manokwari. Mudah-mudahan apa yang dibuat oleh Suku Toraja di sini menginspirasi suku-suku lainnya untuk kemudian kami pun berbuat hal yang sama,” harap Hermus.

    Ia pun mengajak untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Menurut Hermus, Toraja sudah menjadi contoh dan teladan bagi suku-suku lainnya di Manokwari. Olehnya, apa yang sudah ada hari ini tentu menjadi modal yang sangat kuat untuk membangun internal Toraja di masa depan.

    Baca juga:  Kunker, Kapolda Papua Barat Titip Berderet Tugas untuk Polres Manokwari

    “Karena itu persatuan dan kesatuan marilah tetap kita jaga di dalam persatuan. Kita akan membangun energi bersama. Tanpa persatuan kita tidak punya energi. Kita akan menjadi orang-orang yang loyo, kita akan menjadi orang-orang yang lemah, dan ketika itu terjadi maka kita dengan sendirinya gugur satu demi satu. Kita pastikan terlebih khusus Suku Toraja menjadi suku yang kuat dan bisa berkontribusi untuk kemajuan pembangunan di Manokwari karena persatuan dan kesatuan,” tuturnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...