Jumat, Februari 3, 2023
26.2 C
Manokwari
26.2 C
Manokwari
Jumat, Februari 3, 2023

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Hermus Sanjung Warga Toraja: Mampu Membawa Budayanya ke Mana Saja

MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyanjung masyarakat Toraja yang selalu menjaga muruah budayanya di mana pun berada. Hermus menyebut Toraja adalah suku yang kuat dan punya peran besar di Manokwari.

Hal itu diutarakan Hermus saat menghadiri perayaan Natal Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Manokwari di Tongkonan Soribo, Sabtu (10/12/2022). Perayaan Natal bersama dihadiri oleh ribuan warga IKT dan pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari.

Hermus mengatakan, IKT terus mempertahankan identitas budayanya. Identitas itu dibawa ke mana pun.

“Perayaan Natal Ikatan Keluarga Toraja malam hari ini sangat luar biasa karena Natal malam hari ini penuh dengan kebersamaan, tetapi juga penuh kebahagiaan dan sukacita. Tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak,” ujarnya.

Hermus menilai, Suku Toraja sedang membangun identitasnya di hadapan Tuhan. Sebab, kata dia, Tuhan menciptakan dan menggolongkan manusia menurut suku ras dan golongan.

“Jadi, kalau ada suku-suku yang hari ini merayakan Natal di Manokwari bersyukur Tuhan menciptakan kita dan menempatkan golongan kita menurut suku itu dan kita wajib beribadah menurut suku kita masing-masing,” terang dia.

Masih kata Hermus, budaya dan identitas ini bukan diciptakan oleh manusia. Namun, Tuhanlah yang menciptakannya.

Baca juga:  Bupati Manokwari: Pemkab Siapkan Anggaran Catam Sesuai Kemampuan Daerah
Baca juga:  Bupati: Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Adalah Aset SDM di Manokwari

“Identitas ini diberikan kepada kita dan kita wajib melestarikannya sebagai wujud penghormatan kepada Tuhan sang pencipta kebudayaan kita sendiri,” katanya.

Hermus juga memuji persatuan masyarakat Toraja.

“Saya kira ini karena persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan oleh keluarga besar Suku Toraja di Kabupaten Manokwari. Mudah-mudahan apa yang dibuat oleh Suku Toraja di sini menginspirasi suku-suku lainnya untuk kemudian kami pun berbuat hal yang sama,” harap Hermus.

Ia pun mengajak untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Menurut Hermus, Toraja sudah menjadi contoh dan teladan bagi suku-suku lainnya di Manokwari. Olehnya, apa yang sudah ada hari ini tentu menjadi modal yang sangat kuat untuk membangun internal Toraja di masa depan.

“Karena itu persatuan dan kesatuan marilah tetap kita jaga di dalam persatuan. Kita akan membangun energi bersama. Tanpa persatuan kita tidak punya energi. Kita akan menjadi orang-orang yang loyo, kita akan menjadi orang-orang yang lemah, dan ketika itu terjadi maka kita dengan sendirinya gugur satu demi satu. Kita pastikan terlebih khusus Suku Toraja menjadi suku yang kuat dan bisa berkontribusi untuk kemajuan pembangunan di Manokwari karena persatuan dan kesatuan,” tuturnya. (LP2/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here