28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Harga Bapok Mulai Naik, DPR PB Minta Pemerintah Awasi Spekulan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Jelang Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah komoditas bahan pokok (bapok) di Papua Barat mulai merangkak naik. DPR meminta OPD agar lebih intens melakukan pengawasan.

    Ketua Komisi V DPR Papua Barat Demianus Enos Rumpaidus mengatakan naiknya harga sejumlah jenis bapok sangat dikeluhkan masyarakat. Kenaikan ini memungkinkan terjadi di tingkat spekulan.

    “Ada permainan yang biasanya melibatkan spekulan. Ini yang harus diawasi. OPD terkait harus mampu mengontrol harga,” pinta Demianus.

    Baca juga:  Partai Ummat Manokwari Realistis, PPP Ingin Satu Kursi Satu Dapil

    Menurut dia, kenaikan harga adalah kondisi yang terjadi di setiap menjelang Natal dan Tahun Baru. Saat itu spekulan memainkan harga karena mereka tahu kebutuhan konsumen meningkat pada momen itu.

    “Di sini pemda perlu mengambil langkah agar harga bapok tidak naik. Harus sama seperti hari biasanya. Jangan ada pedagang yang menaikkan harga semaunya dia sendiri, tetapi harus sesuai standar yang ada,” ujar Demianus, Rabu (8/10/2021).

    Baca juga:  Fraksi Otsus Minta Program Afirmasi TNI/Polri Disosialisasikan Lebih Dini

    Politisi Gerindra itu mengungkapkan, DPR Papua Barat akan mengawal dan memantau harga bapok di pasaran. Sebab labilitas harga ini diduga sengaja di mainkan.

    Demianus juga menilai, kenaikan harga yang liar akan semakin menyulitkan masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang masih membayangi.

    “Kondisi pandemi ini menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Lalu dengan naiknya harga bapok tentu semakin menyulitkan masyarakat. Untuk itu jika ada oknum-oknum yang sengaja menaikan harga di luar standar maka ditindak tegas dengan proses hukum,” tegas dia.

    Baca juga:  Perombakan AKD DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor: Tunggu Anggota Kembali

    Sesuai dengan pantauan di sejumlah pasar tradisional, bapok mengalami kenaikan cukup mencolok. Terutama bahan bahan dapur seperti minyak goreng, tepung terigu, cabe dan lainnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis...

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, akan dipusatkan di alun-alun Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni....

    More like this

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis Ibu Kota

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni,...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...