Jumat, September 17, 2021
26.2 C
Manokwari
26.2 C
Manokwari
Jumat, September 17, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

140,138
Total Kematian
Updated on Friday, 17 September 2021, 21:05 9:05 pm
68,942
Total Kasus Aktif
Updated on Friday, 17 September 2021, 21:05 9:05 pm
4,185,144
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Friday, 17 September 2021, 21:05 9:05 pm

Gubernur Papua Barat Tekankan Pentingnya Pengelolaan Arsip di Pemerintahan

MANOKWARI, Linkpapua.com – Bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan arsip Statis dalam Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) berlangsung di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (15/9/2021).

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Papua Barat, Nico Tike, mewaliki Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, hadir membuka kegiatan ini.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Gubernur, Nico Tike, Gubernur mengapresiasi pelaksanaan bimtek terkait peningkatan kapasitas tata kelola arsip berbasis digital di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat.

Menurutnya, pelaksanaan bimtek bagi pengembangan tata kelola arsip sangatlah penting bagi sebuah pemerintahan di daerah. “Bimtek ini sangat penting untuk pegawai kearsipan,” ujarnya.

Tike menekankan, pengelolaan arsip dan dokumen daerah mesti menjadi perhatian. Sebab, kata dia, data-data seperti tugas utama pengelolaan data pegawai hingga surat keputusan (SK) pembentukan Provinsi Irian Jaya Barat hingga menjadi Papua Barat harus terdokumentasi dengan baik.

Baca juga:  DPR Papua Barat Minta Pemprov Segera Sampaikan Materi RAPBD-P 2021

“Data dan dokumen sangat penting sehingga harus dijaga dengan baik,” terangnya.

Sementara, Ketua Panitia Bimtek Pengelolaan Arsip Statis dalam SIKN Papua Barat, Apilena D. Trees Saa, menyebutkan kegiatan diikuti pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta perangkat dinas teknis terkait.

Pihaknya berharap pegawai yang mengikuti bimtek dapat mengaktualisasikan cara mengelola arsip yang baik dan benar. Dengan begitu, dokumen dapat tertata dan tersimpan dengan baik sehingga mudah ditemukan saat diperlukan kembali.

“Semoga bimtek ini memberikan pencerahan dalam tata kelola serta nilai-nilai dan fungsi kearsipan dalam setiap aspek kehidupan berorganisasi, bermasyarakat, dan berpemerintah,” ucapnya. (*)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here