28.2 C
Manokwari
Senin, Maret 4, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    DPRD Wondama Minta KM Ekspress Bahari Layani Rute Permanen ke Rumberpon

    Published on

    WASIOR, linkpapua.com-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Teluk Wondama Herman Sawasemariai meminta kapal penumpang KM Ekspress Bahari melayani rute permanen ke Pelabuhan Yembekiri di Distrik Rumberpon. KM Ekspress Bahari pada 30 Maret lalu untuk pertama kalinya berlabuh di dermaga Yembekiri.

    Kedatangan kapal swasta yang disubsidi Pemkab Teluk Wondama itu dalam rangka mengantarkan rombongan PNS yang akan mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 di Rumberpon.

    Herman mengharapkan KM Ekspress Bahari bisa singgah secara permanen di Yembekiri bukan hanya sesekali ketika ada kegiatan Pemda. Hal itu penting demi mempermudah akses keluar masuk warga di Distrik Rumberpon.

    Baca juga:  Perbaiki Pengelolaan Pendidikan, DPRD Sodor 5 Usulan untuk Pemda Wondama

    Rumberpon merupakan wilayah paling luar Kabupaten Teluk Wondama yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari Selatan.

    “Saya mau sampaikan kepada saudara bupati agar kapal Ekspress ini harus masuk terus di Rumberpon jangan karena ada Musrenbang di sini baru dia masuk. Tapi harus seterusnya juga,“ ucap Herman pada pembukaan Musrenbang.

    “Ini permintaan masyarakat di Rumberpon. Jadi saya mohon supaya dibuatkan jadwal supaya kapal Ekpress harus masuk di Yembekiri juga,“ sambung politisi Partai Golkar itu.

    Baca juga:  Penduduk Miskin Ekstrem di Wondama Sentuh 2.220 Jiwa, DPRD Desak Kebijakan Khusus

    Warga Rumberpon Berta Sibena juga sangat berharap KM Ekspress Bahari bisa masuk di Pelabuhan Yembekiri secara permanen. Menurutnya warga setempat sejak lama sudah merindukan hal itu.

    “Kami senang kapal Ekspress bisa sandar di dermaga Yembekiri. Kalau kapal masuk kami di sini bisa menjual jadi bisa dapat uang,“ ujar Berta, seorang ibu rumah tangga yang juga sebagai penjual pinang.

    Bupati Hendrik Mambor mengatakan kedatangan KM Ekspress Bahari ke Yembekiri selain untuk mengantar dan menjemput rombongan Musrenbang juga sekaligus melakukan uji sandar. Namun demikian bupati belum memastikan KM Ekspress Bahari akan singgah di Yembekiri secara permanen.

    Baca juga:  Mesin PCR di RSUD Albert Wondama Alih Fungsi jadi Pendeteksi Virus HIV

    “Kita akan pertimbangkan ya usul bapak Ketua DPRD tadi. Memang hari ini Ekspress sudah uji sandar tapi nanti kita atur lagi,“ ujar bupati pada pembukaan Musrenbang.

    Sebagai informasi, Pemkab Teluk Wondama sejak 2011 melakukan kerjasama dengan dua kapal swasta yakni KM Ekspress Bahari dan KM Margareth melalui skema subsidi untuk melayani rute Manokwari-Wasior.

    Khusus KM Ekspress Bahari, selain Pelabuhan Wasior, kapal cepat itu juga singgah di 5 distrik pesisir yakni Windesi, Wamesa, Soug Wepu, Roswar dan Roon. (Rex)

    Latest articles

    500 Bibit Cabai Ditanam di Kebun PKK Papua Barat, Target Panen...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Siti Mardiana Temongmere menghadiri Gerakan Tanam Cabai Serentak seluruh Indonesia, di kebun PKK Susweni, Papua...

    More like this

    500 Bibit Cabai Ditanam di Kebun PKK Papua Barat, Target Panen 3 Bulan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Siti Mardiana Temongmere menghadiri Gerakan...

    Sampaikan Ucapan HUT Satpol PP, Ali Baham: Jaga Profesionalitas, Layani Warga

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memberikan ucapan selamat HUT...

    Pj Gubernur Ali Baham Tunjuk Derek Ampnir sebagai Plt Kadis Nakertrans Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menunjuk Derek Ampnir sebagai Plt...