27 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27 C
Manokwari
More

    DPRD-Pemkab Manokwari Sepakat Pedagang Pasar Wosi Kembali ke Lods

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemda Manokwari akan melakukan penataan ulang lods-lods Pasar Wosi sebelum pedagang direlokasi kembali. DPRD meminta penataan dipercepat karena pedagang sudah terlalu lama menempati space darurat.

    “Pedagang ingin menempati sementara lods. Di dalam kan masih ada lods yang bisa dipakai berjualan. Kasihan kalau terlalu lama. Mereka harus membayar kredit di bank. Itu yang pedagang keluhkan,” ujar anggota DPRD Manokwari Masrawi Ariyanto pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perindakop dan UMKM serta BPBD Manokwari, Kamis (11/11/2021).

    Baca juga:  Tertinggi di Papua Barat, Hermus Percepat Eliminasi Malaria di Manokwari

    Menurut Masrawi, para pedagang berharap bisa berjualan di lods yang terbakar. Sebab beberapa bagian masih memungkinkan digunakan.

    “Kondisinya masih cukup layak dipakai. Makanya mereka berharap diizinkan kembali ke lods,” jelasnya.

    Wakil Ketua DPRD Manokwari Norman Tambunan ikut angkat bicara. Norman mengaku setuju usulan itu. Menurutnya, kembali masuk lods adalah opsi paling baik saat ini bagi pedagang.

    Pasalnya, space yang mereka tempati sekarang sudah sangat semrawut. Pedagang berjubel di pintu masuk hingga menutup ruang bagi pengunjung.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari dan DPRD Mulai Bahas Ranperda Limbah Domestik

    “Banyak pedagang yang berjualan hingga menutup pintu masuk ke pasar. Dinas harus arahkan pedagang agar bisa berjualan di dalam pasar, karena didalam pasar itu masih banyak lods yang kosong,” katanya.

    Norman mengingatkan pedagang agar ikut aturan pemda.

    “Jangan di saat terjadi kebakaran selalu salahkan pemerintah. Pedagang juga harus ikut apa yang sudah diarahkan pemerintah,” ungkap Norman.

    Namun Norman mengungkapkan perlunya pendataan ulang para pedagang Pasar Wosi. Sebab ditengarai ada oknum pedagang yang memiliki lebih dari 1 lods.

    Baca juga:  Pertamina Jaga Stabilitas Minyak Tanah di Timika

    Plt Kepala Dinas Perindakop dan UMKM Manokwari Harjanto Ombesapu mengatakan, lods pasar yang terbakar tersebut akan dilakukan penataan terlebih dahulu. Kondisinya saat ini masih memungkinkan ditempati berjualan.

    “Dinas akan surati pedagang agar mereka menempati lods di dalam yang masih kosong. Memang dengan adanya pedagang yang membuat lapak hingga menutup jalan, instalasi listriknya semrawut,” beber Ombesapu. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...