27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Dongkrak PAD, Hermus akan Optimalkan Retribusi Sampah Rumah Tangga

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari Hermus Indou mengungkapkan, pihaknya tengah berupaya mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengidentifikasi kembali potensi PAD yang belum terkelola maksimal. Hermus menyebut, pemda akan memperkuat regulasi untuk mendukung upaya itu.

    “Kita akan identifikasi apa yang menjadi kendala terhadap pengelolaan yang ada selama ini namun belum maksimal. Termasuk juga data-data potensi PAD dan regulasi yang mengatur PAD. Jika ada Perda yang sudah tidak sesuai lagi maka akan direvisi untuk peningkatan,” ujar Hermus Indou, Sabtu (29/4/2023) usai mengikuti upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otda).

    Baca juga:  Jelang Porwanas, PWI Papua Barat Uji Tanding Futsal dengan Polres Manokwari

    Hermus mengakui, regulasi pendukung PAD belum optimal. Karenanya harus segera dilakukan revisi.

    Salah satu yang akan ditinjau adalah peraturan daerah (Perda) Pengelolaan Sampah. Menurut Hermus, Perda Sampah belum secara spesifik menjaring potensi pendapatan di sektor ini.

    Baca juga:  Simatupang Ingatkan Pejasa Ojek Patuhi Rambu Lalulintas

    ”Kita akan maksimalkan Perda Sampah ini karena seluruh rumah tangga di Manokwari harus menjadi wajib retribusi karena hasil retribusi itu akan digunakan untuk membiayai pengelolaan sampah. Baik itu untuk sarana dan pra sarananya maupun pekerja pengelola sampahnya,” tambah dia.

    Hermus menilai sejumlah sarana dan prasarana sampah yang ada di Manokwari sudah waktunya ditingkatkan. Ini juga termasuk pengelolaan sampah yang berada di laut.

    Baca juga:  IWSS Manokwari Jadi Mitra Pemda Dalam Pembangunan

    “Kita tidak bisa selalu bergantung dari transfer pusat karena sudah ada porsinya masing-masing. Sehingga memang solusinya harus tingkatkan PAD,” jelasnya.

    Selain itu, pemda berupaya dengan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat menjadi garda terdepan untuk menghasilkan PAD. Sehingga sejumlah potensi yang ada di daerah dapat terkelola lebih baik lagi.

     

    (LP3/Red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...