28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Dibuka Bupati Teluk Bintuni, 60 Peserta Ikut Bimtek Humas dan Protokol

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, membuka bimbingan teknis (bimtek) kehumasan, master of ceremony (MC), protokoler, yang berlangsung di salah satu hotel di Distrik Bintuni, Selasa (28/9/2021).

    Kegiatan ini diikuti 60 peserta dari tiap organisasi perangkat daerah (OPD) dengan menghadirkan narasumber Benny Cahyadie dan Paulus Suardi.

    Petrus dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan menyampaikan, selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa tugas kehumasan dan protokol tidak begitu diperlukan dalam sebuah acara. “Hal ini adalah anggapan yang keliru,” ucapnya.

    Baca juga:  Ini Jawaban Bupati Teluk Bintuni Atas Pandangan Umum Fraski-fraksi Tentang Pertanggungjawaban APBD 2020

    Menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan, keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan/kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

    Bahkan secara luas arti protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan atau sebuah acara, baik formal maupun nonformal yang dilaksanakan oleh institusi atau organisasi.

    Baca juga:  Lawan Penggarap 'Nakal', Pemprov Papua Barat Segera Terbitkan Perdasi Tambang Rakyat

    “Dari serangkaian pengertian yang saya paparkan tadi, dapat kita pahami bahwa protokol memiliki peran yang sangat penting dalam suatu kegiatan atau sebuah acara. Terutama kegiatan atau acara yang dihadiri oleh pimpinan institusi/organisasi,” bebernya.

    “Melalui kegiatan ini, besar harapan saya, hal-hal inilah yang dapat kita pelajari dan praktikkan melalui kegiatan bimbingan teknis ini,” imbuhnya.

    Bupati menyerukan, untuk mempelajari dan menyerap sebanyak mungkin ilmu yang disampaikan narasumber.

    Baca juga:  Telan Rp34,7 M, Proyek Air Baku BWS Papua Barat tak Dinikmati Warga Bintuni

    “Kita pahami benar pedoman-pedoman kehumasan dan protokol sehingga kita mendapat gambaran yang perlu kita persiapkan, terutama yang berhubungan dengan kegiatan kehumasan dan keprotokolan,” pesannya.

    “Saya mengajak segenap peserta yang terlibat dalam bimbingan teknis ini agar mari berikan perhatian dan konsentrasi terbaik pada acara ini. Sehingga dapat kita aplikasikan dalam kehidupan berorganisasi maupun berpemerintahan demi mewujudkan masyarakat Teluk Bintuni yang maju, produktif, dan berdaya saing menuju Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” tutupnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...