Sabtu, Juli 31, 2021
25.9 C
Manokwari
25.9 C
Manokwari
Sabtu, Juli 31, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

92,311
Total Kematian
Updated on Saturday, 31 July 2021, 07:28 7:28 am
549,343
Total Kasus Aktif
Updated on Saturday, 31 July 2021, 07:28 7:28 am
3,372,374
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Saturday, 31 July 2021, 07:28 7:28 am

Di Forum OPD, Hermus Jabarkan Visi Kota Peradaban sampai Desa Modern

MANOKWARI, – Pemkab Manokwari menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah, Selasa (30/3/2021). Di forum ini Bupati Manokwari Hermus Indouw menjabarkan visi jangka panjang, Manokwari yang akan berbasis kawasan.

Dikatakan Hermus, dalam grand desain Manokwari telah tertuang bagaimana pemetaan wilayah di masa depan. Manokwari telah dirancang menjadi kota peradaban dan lahirnya desa desa modern.

“Diharapkan dengan forum ini masing-masing OPD dapat menyusun rencana kerja sesuai dengan aspirasi dan pokok pikiran DPRD. Visi dan misi kepala daerah yaitu menjadikan Manokwari sebagai pusat peradaban dan religius, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera,” jelasnya.

Dikatakan Hermus, dalam orientasi kerja OPD sudah terencana sebuah kawasan perkotaan yang berperadaban. Sementara di desa akan tumbuh pedesaan yang modern.

“Dengan konsep terjadi perimbangan pembangunan antara kota dan desa. Ini akan mengurangi kesenjangan sosial serta menjamin kamtibmas,” ungkap Hermus.

Disampaikan juga oleh bupati, diperlukan model perencanaan yang berbasis kawasan. Dengan begitu akan lebih mudah memetakan permasalahan dan penanganannya sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan serta meminimalkan konflik.

“Manokwari dari waktu ke waktu semakin berkembang sejalan dengan perkembangan jumlah penduduk, peningkatan investasi, maupun aktivitas pemerintahan. Hal ini membutuhkan penataan dan penyediaan sarana dan pra sarana perkotaan yang bersifat dinamis, modern dan representatif,” jelas Hermus.

Menurutnya semua ini bisa dicapai dengan kerja bersama dan solid antar semua OPD. Sehingga semua sektor berjalan dengan pola perencanaan yang terintegrasi.

Untuk penanganan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), bupati meminta masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi. Ini juga bagian dari program berkelanjutan mewujudkan Manokwari menjadi zona hijau.

“Jadi pelaksanaan forum perangkat daerah menjadi media komitmen antara OPD serta pengawasan penggunaan anggaran belanja daerah dalam rangkaian tahapan pembangunan,” imbuh Hermus. (LPB3/red)

Latest news