27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Detik-Detik Penangkapan 1 Anggota KNPB oleh Tim Gabungan TNI-Polri di Maybrat

    Published on

    MAYBRAT, Linkpapua.com- Tim gabungan TNI-Polri terus mengejar kelompok bersenjata di Maybrat yang melakukan penyerangan di Posramil Persiapan Kodim 1809 Maybrat, Papua Barat.

    Dalam pengejaran yang dilakukan, Minggu (5/9/2021) lalu, berhasil membekuk satu orang pelaku yang masih berusia 18 tahun. Dia adalah MS alias P. Dia merupakan warga Kampung Imsun, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

    Baca juga:  Antisipasi Ancaman El Nino Juli, Pangdam Kasuari Dorong Percepatan Optimasi Lahan

    Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari, Kolonel Artileri Medan Hendra Pesireron, dalam pernyataan resminya mengungkapkan, pada Minggu (5/9/2021) telah dilakukan patroli pengejaran ke arah Kampung Kramat oleh tim gabungan TNI-Polri.

    Pada saat itu, kata Hendra, ditemui ada beberapa jembatan yang dirusak oleh kelompok KNPB. Mereka para separatis ini memang dikenal tidak menginginkan adanya pembangunan di tanah Papua Barat.

    Baca juga:  Menteri Basuki Pamer Prestasi, Singgung Papua Youth Creative Hub

    “Melihat kondisi itu, kelompok gabungan lakukan pengamanan dan satu tim dikirim untuk lakukan pengejaran, di sana didapati beberapa orang yang menenteng senjata. Di sana terus diikuti dan dilakukan penembakan, namun dengan cepat mereka mengarah ke hutan. Karena situasi memasuki magrib, tim gabungan lakukan konsolidasi,” ujar Hendra dalam siaran pers yang diterima Linkpapua.com, Kamis (9/9/2021).

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Minta Personel Kerja Keras Kejar Vaksinasi di Bintuni

    Namun, pada saat itu, kata Artileri, didapatkan satu orang pelaku yang terlibat pada saat penyerangan Posramil. Dia mengakui terlibat secara langsung.

    Selain itu, kata Hendra, pos gabungan yang didirikan oleh TNI-Polri telah disebar hingga ke kampung-kampung demi menjaga kondusivitas Maybrat. (LP2/red) 

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...