26.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    Buka Musda MUI, Dominggus Ajak Para Ulama Rawat Kerukunan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka Musyawarah Daerah (Musda) IV Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat, Jumat (12/11/2021). Dominggus menaruh harapan besar agar MUI ikut merawat kerukunan.

    “MUI harus terlibat aktif dalam merawat kerukunan. Ulama memiliki peran penting untuk perkuat sendi-sendi spiritual dan etika. Selain itu ulama juga menjaga moral bangsa dan mencerdaskan umat dalam nilai-nilai Islam,” jelas Dominggus.

    Dominggus mengungkapkan, MUI dan pemerintah punya kepentingan selaras. Pemerintah berkewajiban membantu seluruh agama termasuk MUI dan ormas-ormas Islam. Sebaliknya, MUI dituntut memberi kontribusi dalam menjaga harmonisasi.

    Baca juga:  Dominggus Tegaskan Honorer di Papua Barat akan Diangkat Jadi ASN Mulai Tahun ini

    “Selama ini pemerintah dan organisasi lintas agama berjalan kompak untuk menjaga kerukunan dan toleransi. Ulama memiliki peran penting untuk perkuat sendi-sendi spiritual dan etika, selain itu ulama juga menjaga moral bangsa,” ucap Dominggus.

    Di berbagai bidang, kata Dominggus, MUI juga terbukti berperan untuk menjawab kebutuhan umat dalam berbagai hal. Seperti ekonomi, hukum dan lainnya. Sehingga penting merevitalisasi peran ulama di tengah kepentingan bangsa.

    Baca juga:  Tak Hanya Jaksa, Ribuan TNI/Polri juga Bakal Direkrut via Jalur Afirmasi Otsus

    Sementara itu Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nausrau mengatakan, pelaksanaan musda kali ini terasa berbeda karena berada dalam masa pandemi Covid-19. Dengan kondisi ini menjadi hikmah agar ulama harus menyampaikan pesan moral kepada pemerintah dan umat.

    “Kiprah MUI menjadi perpanjangan tangan sebagai perwakilan umat. Dalam pelaksanaan tugas MUI selalu berkoordinasi dengan pemerintah,” kata Nausrau.

    Baca juga:  PWI dan BI Perwakilan Papua Barat Tingkatkan Kemitraan lewat Eksebisi Futsal

    Nausrau mengungkapkan, sejak awal kepengurusan terdapat sejumlah program. Seperti pengokohan sistem organisasi dengan pembentukan struktur sehingga di Papua Barat sudah ada 11 kepengurusan.

    Perwakilan MUI Pusat Muhamad Cholil Nafis mengungkapkan MUI memiliki peran di tengah masyarakat untuk membawa kedamaian. Sehingga harus selalu menjalin ukuwah Islamiah sesuai dengan bingkai ajaran Islam.

    Dalam musda akan memilih pengurus MUI masa khidmat 2021-2026 dan menetapkan program kerja. (LP3/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...