28.9 C
Manokwari
Selasa, Mei 28, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    BNNP Temukan Alur Penyelundupan Narkoba dari Sulsel ke Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com – Badan Narkotika Nasional (BNP) Papua Barat mendeteksi adanya alur narkoba yang diselundupkan dari Papua New Guinea ke Papua Barat. Selain Papua New Guinea, Jawa dan Sulawesi Selatan juga menjadi sumber paling dominan.

    “Peredaran narkotika antarwilayah masih marak terjadi di wilayah Papua Barat dengan berbagai modus operandi. Ini terbukti melalui hasil penindakan kita sepanjang 2021, banyak narkotika golongan 1 jenis ganja berasal dari Papua New Guinea dan Kabupaten Keerom,” kata Kepala BNN Papua Barat Brigadir Jenderal Rudi Hartono, Senin (26/10/2021).

    Baca juga:  Jakarta Bahas Otsus dan Pemekaran, MRPB : Kita Ingin Peningkatan SDM

    Sementara, menurut Hartono, peredaran gelap narkotika golongan 1 jenis sabu atau amphetamine yang masuk ke wilayah Indonesia bagian timur kebanyakannya berasal dari Pulau Jawa dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

    “Kebanyakan barang haram itu masuk wilayah Papua dan Papua Barat melalui (pengiriman kilat) atau diantar oleh kurir melalui jalur udara,” ujar Hartono.

    Baca juga:  Waterpauw Miris dengan Fasilitas Kantor MRPB: Bagaimana Mau Kerja

    Ia menyebutkan, sepanjang 2021, Tim Brantas BNN sudah memproses tujuh kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Selain itu, Hartono mengungkap, bahwa dalam pelaksanaan tugas mengawasi dan menindak penyalahgunaan narkotika di wilayah hukumnya, pihaknya menjalin koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

    Salah satunya ialah Bea Cukai. Bea Cukai memeriksa setiap pintu masuk lintas kabupaten Papua Barat.

    Baca juga:  Gandeng Dinkes, DWP Teluk Bintuni Gelar Vaksinasi Massal di Kalikodok

    “BNN sudah jalin koordinasi dengan sejumlah pihak dalam hal pengawasan peredaran Narkotika di wilayah hukum Papua Barat,” ujar Hartono.

    “Kita sesungguhnya tidak bisa bekerja sendiri dalam pengawasan, dibutuhkan peran serta seluruh pihak, termasuk warga sipil untuk melaporkan ke BNN jika menemukan ha-hal mencurigakan terkait narkotika,” katanya lagi.(LP7/red)

    Latest articles

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) untuk maju bertarung pada pemilihan gubernur...

    More like this

    Wahidin Puarada Terima Surat Tugas DPP PAN Maju Pilgub Papua Barat  

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada resmi menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat Partai...

    Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Forum Intelektual Kuri, Wamesa, Irarutu, Sumuri (Risaturi) Bersatu menyelenggarakan Rapat...

    Proyek Pembangunan Puskesmas Moskona Barat Tertunda, Bukan Mangkrak

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com -Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni, Franky Mobilala, menyatakan proyek pembangunan...