27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    BNN Papua Barat Bongkar Sindikat Narkoba Papua Nugini, Amankan 10 Kg Ganja

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua Barat mengungkap sindikat pengedar narkoba asal Papua Nugini. Dari operasi ini BNN meringkus sejumlah tersangka dan 10 kilogram ganja.

    Kepala BNN Papua Barat, Brigjen Pol Heri Istu Haryono menyatakan, jaringan narkoba ini berasal dari Papua Nugini melalui Jayapura dengan tujuan Manokwari Papua Barat dan Sorong Papua Barat Daya.

    “Penangkapan ini berkat kerja sama BNN, Bea Cukai Manokwari dan Polda Papua Barat pada (13/2/2023) lalu di atas kapal Pelni,” kata Brigjen Pol Heri Istu Haryono, Selasa (20/2/2023)

    Dia menyebut penangkapan berawal dari MH. MH diringkus membawa ganja dari Jayapura, Papua dengan menumpang kapal Pelni. MH membawa paket tersebut atas suruhan dari GA.

    Baca juga:  BNN Papua Barat Bongkar Pembawa 4 Kilogram Ganja, Tersangka Mahasiswi 19 Tahun

    “MH kita tangkap di atas kapal menuju Sorong Papua Barat daya, kemudian kita lakukan Control Delivery dimana MH akan menyerahkan barang tersebut kepada GA dan MP. Keduanya akan mengambil barang dari MH sebanyak 9,2 Kilo,” ucapnya.

    Di kapal yang sama, pihak BNN juga berhasil menangkap kelompok yang berbeda pada saat itu yang membawah sebanyak 1,2 Kilo Ganja kering yang sudah di masukan ke dalam 56 Plastik bening.

    Baca juga:  BNN Klaim Peredaran Narkoba di Papua Barat Sudah Sampai ke Desa

    “Tersangka ini berinisial MO, sebenarnya dia ada sindikatnya namun kita tidak bisa mengungkapnya disini,” ucapnya.

    Kepala Bea Cukai Manokwari, Johan Pandores menambahkan proses penangkapan para pelaku dilakukan setelah tim mendapat informasi dari masyarakat lalu dilakukan analisa.

    “Setelah kita peroleh informasi dari masyarakat kemudian kita lakukan analisa data dan kita lakukan pengintaian bersama BNN di KM Gunung Dempo, penangkapan terhadap pelaku dilakukan saat kapal dalam perjalanan menuju Sorong,” ucap Johan.

    Penangkapan terhadap pelaku di atas kapal memang tidak ada perlawanan. Hanya saja saat tim bersama pelaku MH berada di Sorong sempat terjadi perlawanan ketika hendak menangkap penerima atau GA.

    Baca juga:  BNN PB Paparkan Capaian 2021: Ungkap 6 Kasus, Angka Rehab Turun

    “GA hendak melarikan diri namun dengan kerja sama antara Bea Cukai dan BNN serta polisi di Sorong dia kita tangkap,” katanya

    Para pelaku saat ini ditahan di Rutan BNN dan Rutan Polda Papua Barat untuk dilakukan pengembangan. Mereka dijerat dengan UU Narkotika Pasal 101 dan pasal 114 ayat 2 dan Subsider Pasal 111 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana maksimal 20 Tahun. (LP2/red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu Sampai Mamasa Sulbar

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek...

    Ratusan Personel Polda Papua Barat Tandatangani Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A. 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Biro SDM menggelar Penandatanganan pakta integritas serta pengambilan...

    Sekolah Apresiasi Program ‘Si Tarjal’ Polres Teluk Bintuni: Beri Rasa Aman

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Program Polisi Antar Jemput Anak Sekolah (Si Tarjal) Polres Teluk Bintuni mendapatkan...