28.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Alokasi Dana Desa 2023 Tahap I Raja Ampat Siap Dicairkan, Total Rp31 Miliar Lebih

    Published on

    RAJA AMPAT, LinkPapua.com – Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Raja Ampat, Abner Sanoy, memastikan alokasi Dana Desa 2023 tahap I siap untuk pencairan.

    Abner menjelaskan proses alokasi dana telah berjalan lancar dari pekan ini hingga pekan depan. Namun, ia menekankan penyaluran dana kampung tidak bisa dilakukan begitu saja melainkan harus mengikuti proses awal, termasuk pemotongan pajak sebelumnya.

    “Sebelum pencairan, kami telah memastikan pemotongan pajak dilakukan untuk meringankan beban setiap kepala kampung yang menerima dana Alokasi Dana Desa,” kata Abner saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (18/7/23).

    Baca juga:  HUT Brimob ke-76, Kompi 3 Batalyon A Hari ini Baksos di Bintuni

    Selain itu, Abner juga mengingatkan agar tiap kepala kampung menjalankan proses administrasi dengan baik, termasuk Surat Pengajuan Pembayaran (SPP) atau Surat Perintah Membayar (SPM) dari keuangan.

    Sementara itu, rincian alokasi anggaran untuk tahap I mencakup 40 persen dari total anggaran, yaitu sekitar Rp31.447.246.280,00 yang akan disalurkan ke 117 kampung pada pekan ini dan pekan depan.

    Baca juga:  Akhirussanah MI Luqman El-Hakim Raja Ampat: Tingkatkan Kemandirian dan Semangat Merdeka Belajar

    Besaran dana yang diterima tiap kampung bervariasi, dengan jumlah umum sekitar Rp200.000.000. Namun, ada juga kampung yang menerima lebih tinggi, seperti Rp269.000.000 atau Rp 268.000.000, bahkan ada yang mencapai Rp278.592.654,00.

    Terkait tahap II, nilai alokasi tetap sama dengan tahap I. Sementara, untuk tahap III, Abner menegaskan agar pencairan dana dilakukan sebelum tahun 2024 berakhir, dengan jatuh tempo pada Desember dan nilai Rp15.738.623.140,00.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Serahkan 1.165 Sertifikat Tanah, Ini Pesannya

    Dengan tersedianya dana desa ini, diharapkan tiap kepala kampung dapat menggunakan dan mengelolanya dengan baik demi kemajuan dan kesejahteraan bersama. “Kami berharap dana ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh masyarakat,” katanya. (*/Red)

    Latest articles

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis...

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, akan dipusatkan di alun-alun Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni....

    More like this

    HUT Bintuni Dipusatkan di Alun-alun Argosigemerai: Lomba, Pameran, hingga Hiburan Artis Ibu Kota

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Teluk Bintuni,...

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...