28.5 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
28.5 C
Manokwari
More

    Serapan anggaran di Papua Barat Digenjot Pacu Pertumbuhan Ekonomi

    Published on

    Manokwari-Presiden Joko Widodo menggenjot serapan anggaran pemerintah daerah serta seluruh kementerian dan lembaga di Provinsi Papua Barat untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

    Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Papua Barat, Hari Utomo, Senin (7/9) mengutarakan bahwa Papua Barat merupakan salah satu provinsi yang tidak mengalami kontraksi ekonomi pada masa pandemi COVID-19.

    Kebijakan keuangan yang ditempuh pemerintah diharapkan dapat memacu perekonomian daerah dan nasional agar tetap stabil.

    Baca juga:  Covid-19 di Papua Barat Bertambah 1 Kasus Positif, 9 Pasien Sembuh

    “Dalam arahan pak Presiden kepada kementerian lembaga juga kepada pak Gubernur Papua Barat kurang lebih sama. Kegiatan belanja harus ditingkatkan karena investasi tidak bisa diharapkan saat pandemi, yang benar-benar menjadi pendorong adalah fiskal baik APBN maupun APBD,” ucap Hari.

    Saat pandemi, kata Hari berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian nasional mengalami kontraksi. Papua Barat merupakan salah satu provinsi yang perekonomiannya tetap tumbuh.

    Baca juga:  Kawal Anggaran Covid-19, Kejati Papua Barat Warning unsur Pimpinan Daerah

    “Ini yang ingin kita pertahankan, maka diharapkan pak gubernur bisa berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah kabupaten kota maupun kementerian lembaga di daerah,” kata dia lagi.

    Hingga Agustus, kata dia, serapan anggaran pada kementerian lembaga baru mencapai 49,9 persen. Pada triwulan tiga diharapkan bisa mencapai 60 persen.

    Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan pada kesempatan terpisah mengutarakan, selain mendorong percepatan anggaran pemerintah provinsi ia pun akan berkoordinasi dengan seluruh bupati, wali kota serta pimpinan lembaga di daerah tersebut agar serapan maksimal.

    Baca juga:  Yuk, Ikutan Vaksinasi Covid-19 Massal HUT Bhayangkara Ke-75 Polda Papua Barat

    Untuk serapan APBD Papua Barat hingga triwulan III ini baru mencapai 36,30 persen. Ia mendorong seluruh organisasi perangkat daerah segera menuntaskan tender proyek.

    Dia bersyukur, meskipun melambat perekonomian di Papua Barat masih bertumbuh saat virus corona mewabah di seluruh daerah.(LPB1/red)

    Latest articles

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten Teluk Bintuni pada Jumat (17/5/2024) malam, Lantunan Ayat Suci Al-Qur'an...

    More like this

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...

    KPK dan SKK Migas Komitmen Lawan Korupsi di Sektor Hulu Migas Papua

    SORONG, linkpapua.com- Direktorat Anti Korupsi Badan Usaha (AKBU) KPK RI melakukan rapat koordinasi (rakor)...