24.5 C
Manokwari
Jumat, Juli 19, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    5 Putra Papua Akan Jalani Pendidikan Akmil

    Published on

    Manokwari-Lima putra Papua dari Provinsi Papua Barat akan menjalani pendidikan taruna akademi militer (Akmil). Mereka dinyatakan lulus dalam seleksi calon taruna Akmil yang dilaksanakan di Magelang, Jawa Tengah pekan lalu.

    Kapendam XVIII/Kasuari,Kolonel Kav Zubaedi menjelaskan, lima putra Papua itu berasal dari Raja Ampat, Kaimana, Manokwari serta Sorong. Sidang penentuan akhir seleksi calon taruna Akmil ini dilaksanakan di Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (28/8).

    Dari Raja Ampat atas nama Muhammad Ainal Yakin Macap, dari Manokwari atas nama Alessandro Vieira Ufnia dan Risaldo Gideon Opur, Kaimana atas nama Dhanuja Yudha Simora dan dari Sorong atas nama Ahmad Al Rasyid.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat: Perayaan Tahun Baru Berjalan Aman

    “Sebelum dikirim ke pusat Panda (panitia daerah) telah melakukan seleksi. Dari seleksi di daerah itu kita memperoleh 10 orang yang selanjutnya kita berangkatkan untuk menjalani seleksi nasional di Magelang,” ucap Kapendam.

    “Dari 10 peserta Papua Barat tersebut delapan orang dinyatakan lulus dan dari delapan peserta itu lima di antaranya merupakan putra asli Papua Barat. Sedangkan tiga lainya non-Papua,” kata Kolonel Zubaedi lagi.

    Menurut di, lima putra asli Papua dari Papua Barat ini merupakan prestasi. Papua Barat berhasil melebihi alokasi yang ditentukan panitia pusat.

    “Untuk tiga calon taruna Akmil yang merupakan non-Papua itu atas nama Muhammad Arqam Rumauw, Dwi Setia Wibowo dan Frisky Rayner Nikolas Tulenan,” ujarnya menambahkan.

    Baca juga:  HSN 2023, KPU Papua Barat dan Manokwari Ajak Santri Nobar Film "Kejarlah Janji"

    Kepala Ajundan Jenderal Daerah Militer XVIII/Kasuari Letkol Caj Mohamad Radjab secara terpisah mengutarakan bahwa lima putra Papua ini merupakan calon pemimpin masa depan. Mereka telah menjalani seleksi secara ketat dari fisik, kesehatan, psikologi hingga mental ideologi

    “Kita tahu seleksi Akademi Militer itu sangat berat, tidak semua orang mampu. Tapi hari ini kita saksikan, ada putra asli Papua dari Papua Barat mampu melewati itu,” katanya.

    Ia menjelaskan, seleksi penerimaan calon taruna Akmil melalui Panda Kodam XVIII/Kasuari saat itu diikuti sebanyak 76 orang. Seleksi subpanda di Sorong diikuti 30 orang dan Sub Pandasus Manokwari 46 orang. Seleksi dilanjutkan ke tingkat Panda yang dilaksanakan di Kodam XVIII/Kasuari.

    Baca juga:  Jadi Potensi Alam Terbesar, Papua Barat Komitmen Pertahankan Hutan

    Seleksi dimulai dari pemeriksaan administrasi, seleksi uji kesehatan dan uji jasmani. Dari 76 peserta yang dikirim Sub Panda Sorong dan Manokwari, Panda Kodam XVIII/Kasuari diperoleh 32 peserta.

    Panda Kodam XVIII/Kasuari menambahkan seleksi psikologi, mental ideology. Hingga akhirnya pada sidang pemilihan akhir di Panda Kodam XVIII/Kasuari diperoleh 10 perserta. Mereka lalu diberangkatkan untuk menjalani seleksi tingkat pusat di Magelang.(LPB1/red)

    Latest articles

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya (PBD). Operasi...

    More like this

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...

    Instruksi Ali Baham ke OPD: Agustus Serapan Anggaran Harus di Atas 50%

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengingatkan seluruh perangkat daerah...

    Program Pengadaan Ayam Petelur di Papua Barat Tak Jelas, Peternak OAP Kecewa

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asosiasi Ayam Petelur (Asapter) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mempertanyakan pengadaan 5.000...