27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Tokoh Masyarakat Teluk Bintuni Serukan Jaga Kamtibmas Jelang 1 Desember

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Tokoh masyarakat di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyerukan kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Ini menjelang 1 Desember yang kerap dikaitkan dengan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

    Seruan itu disampaikan deretan tokoh masyarakat di Sekretariat Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Tujuh Suku Teluk Bintuni, Sabtu (19/11/2022).

    Diawali Kepala Suku Besar Wamesa yang juga sebagai tokoh muslim Papua Barat, Bahmuddin Fimbay. Dia menyampaikan, dalam perjalanan kehidupan harus menjaga rasa kebersamaan, persaudaraan, dan kecintaan kepada negara. Semua yang berada di tanah Papua, kata dia, adalah bagian dari Indonesia.

    Baca juga:  Minta Presiden Jokowi Hentikan Operasi Militer, Ini Pernyataan Tegas TPNPB-OPM

    “Mari kita jaga jangan sampai termakan dengan isu-isu yang membuat kita terpecah belah. Mari kita jaga keamanan bersama TNI-Polri. Mereka tidak bisa bekerja kalau tidak ada kekompakan dan dukungan dari masyarakat. Terutama dari masyarakat tujuh suku dan secara khusus buat Suku Wamesa karena dari dulu sampai sekarang Bintuni dikenal dengan daerah yang damai,” kata Bahmuddin.

    Baca juga:  Pos Koramil Diserang, Tiga Anggota TNI Gugur di Maybrat

    Sementara, Ketua LMA Tujuh Suku Teluk Bintuni, Martin Wersin, mengatakan LMA ada untuk menyelesaikan masalah-masalah di lingkungan masyarakat.

    “Untuk itu kami semua masyarakat LMA Tujuh Suku dan tokoh-tokoh adat yang ada di sini, kami akan selalu menjaga kamtibmas di wilayah tanah adat kami. Kami tidak harap dan tidak bisa bayangkan hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban di Teluk Bintuni ini,” ujarnya.

    Baca juga:  Belajar Demokrasi dan Pemilu, Pelajar SMA Santo Paulus Datangi KPU Manokwari

    Martin meminta masyarakat untuk selalu menjalin komunikasi dengan pihak keamanan di lingkungannya masing-masing. “Kalau ada informasi untuk kita bisa bekerja sama dengan pihak keamanan dan seluruh masyarakat. Begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

    Wakil Ketua Pegunungan Tengah Teluk Bintuni, Denius Wotibo, juga memberikan imbauan masyarakat Bintuni agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Begitupun kepada warga yang di luar Teluk Bintuni. (LP5/Red)

    Latest articles

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW, yang telah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) asal...

    More like this

    Kejari Bintuni Layangkan Surat Ketiga ke GS Terkait Hibah KPU dan Damkar

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, melayangkan...

    Bawaslu Bintuni Lantik dan Bekali 64 Anggota Panwascam

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua...

    Turnamen Catur IKT Teluk Bintuni, Kuatkan Minat dan Solidaritas

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Teluk Bintuni, Ferdinan Mangalik, membuka...