27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Temu Raya IV PAM GKI, Bupati Teluk Bintuni Serukan Pemuda sebagai Pilar Pembangunan

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, menyerukan bahwa pemuda harus menjadi pilar pembangunan dalam mewujudkan kemandirian, keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan.

    Kasihiw menyampaikan hal itu pada Temu Raya IV Persekutuan Anggota Muda Gereja Kristen Injili (PAM GKI) di tanah Papua yang berlangsung di GKI Jemaat Sion Bintuni, Kamis (20/7/2023).

    Kasihiw tampil sebagai sebagai narasumber bersama Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, dengan moderator Stephanus Balubun.

    Kasihiw pada kesempatannya menjelaskan visi kepemimpinan pemerintahan yang bertujuan mewujudkan Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif, dan berdaya saing. Visi itu dijabarkan melalui 6 misi dan 9 agenda prioritas.

    Dalam visi dan misi tersebut, pemerintah daerah memberikan dukungan penuh dalam bidang keagamaan, termasuk kemajuan GKI di tengah masyarakat.

    Baca juga:  Ketua PWI Papua Barat Tanggapi Berita Pemberian Suap ke Wartawan Manokwari

    Ia menyampaikan bahwa Teluk Bintuni, yang masih berusia 20 tahun sebagai kabupaten remaja, sedang giat berbenah diri dengan mempersiapkan sarana prasarana yang memadai. Tujuan utamanya adalah membangun masyarakat di daerah terpencil. Hal ini merupakan tantangan besar mengingat wilayahnya merupakan yang terluas di Papua Barat.

    “Berkah tersendiri atas kunjungan dan kepercayaan karena Teluk Bintuni ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Temu Raya IV PAM GKI. Ini tentunya akan memberikan manfaat besar dengan adanya dukungan doa dari seluruh pihak,” ujarnya.

    Kasihiw juga mengutip pepatah Bung Karno, “Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya; berikan aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia.”

    Sebagai pilar gereja yang telah berdiri sejak lama, kata dia, GKI telah melahirkan banyak prestasi nyata di berbagai daerah dan lingkungan masyarakat. Pemuda selalu menjadi penggerak utama dalam perubahan peradaban bagi bangsa, dengan memberikan bantuan di tengah-tengah masyarakat yang semakin beragam.

    Baca juga:  Distan Bintuni Bantu Mesin Pengupas Kacang untuk Kelompok Tani OAP di Tiga Distrik

    Kasihiw melanjutkan pada era generasi saat ini, pemuda dituntut untuk meneruskan cita-cita pemimpin gereja sebelumnya dan menjadikan diri mereka pribadi yang tangguh serta bekerja keras. Hal ini bertujuan agar mereka dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan dengan segala potensi yang dimiliki.

    Tidak hanya itu, pemuda juga diharapkan selalu bekerja berdasarkan filosofi “tiga tungku,” yaitu pemerintah, agama, dan adat yang menjadi pilar penting dalam membangun negeri Tanah Sisar Matiti.

    “Pemerintah bekerja sama dengan gereja berupaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera di dunia dan juga selamat di akhirat. Kesejahteraan di dunia saja belum cukup, tetapi harus mencakup hingga kehidupan setelahnya. Itulah ukuran pembangunan manusia Indonesia di negara-negara yang kaya akan keberagaman dan toleransi,” harapnya.

    Baca juga:  Tuding Terjadi Penggelembungan Suara, NasDem Fakfak Ajukan Keberatan

    Temu Raya IV PAM GKI di tanah Papua turut dihadiri berbagai tokoh penting, yakni Ketua Sinode, Pdt. Andrikus Mofu; Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan; Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop; dan Ketua DPRD Teluk Bintuni, Simon Dowansiba.

    Selain itu, Pdt. Heskia Tarollo, Ketua Klasis GKI Teluk Bintuni, Pdt. Ferdinan Tulus, Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Filep Wamafma, dan Letda Inf. Yusup Mantong dari Kodim Bintuni.

    Turut hadir pula sejumlah legislator DPRD Teluk Bintuni, pimpinan OPD di Pemkab Teluk Bintuni, serta tokoh-tokoh lainnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...