27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Survei Seismik Migas di Sorsel, SKK Migas Harap Sinergitas dengan Pemda dan Warga

    Published on

    SORSEL, linkpapua.com – Bupati Sorong Selatan bersama jajaran forkompinda mengunjungi masyarakat di Distrik Kokoda dan Inanwatan dalam rangka sosialisasi rencana survei pencarian potensi sumberdaya alam minyak dan gas bumi di wilayah itu. Kunjungan ini sekaligus menunjukkan tekad pemerintah untuk selalu memberikan ekses sosial positif dalam kegiatan eksplorasi.

    Kegiatan dilakukan pada 12 & 13 April 2023. ,
    Turut dalam kunjungan ini SKK Migas bersama operator hulu migasnya – Bp Berau.

    Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu (Papua & Maluku), Subagyo, yang kerap memperjuangkan upaya memasukan investasi hulu migas agar bisa lebih banyak melakukan investasinya di Papua, terus mengandeng Pemerintah di daerah, untuk bisa mewujudkan kemudahan masuknya investasi hulu migas, melalui kegiatan eksplorasi. Sehingga dapat mewujudkan manfaat positif berganda kehadiran industri hulu migas bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

    Gayung bersambut, Bupati Kabupaten Sorong Selatan, yang wilayahnya termasuk salah satu yang akan dilalui jalur eksplorasi dan kegiatan survei, memberi respons positif.

    Baca juga:  Ekspor Papua Barat Turun 6,66 Persen Oktober 2023, Tiongkok Tetap Tujuan Utama

    “Kami siap mendukung dan berharap kegiatan eksplorasi dapat segera dilakukan di wilayah Sorong Selatan”, ungkap Samsudin Anggiluli pada Kegiatan FGD Perkembangan Industri Hulu Migas di Sorong, 8 Maret 2023 yang telah lalu.

    Menjawab langsung ajakan kolaborasi untuk memberikan kemudahan berinvestasi di Kab Sorong Selatan, rangkaian kegiatan audiensi untuk mempersiapkan kelancaran operasi kegiatan survey seismik diawali dilakukan di Aula Mratua Sesna, Teminabuan (10/04/23).

    Dalam acara audiensi, SKK migas – Bp Berau memberikan penjelasan rencana kerja yang meliputi proses pengadaan penyedia jasa kegiatan, proses perizinan yang memerlukan pengambilan data awal yang perlu dilalui, hingga adanya potensi melibatkan dan memberdayakan masyarakat yang berada di sekitar daerah survei. Juga dijeaskan tata waktu kegiatan survei seismik yang dibatasi waktu oleh pemerintah harus bisa terlaksana hingga tahun 2024.

    Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu Subagyo, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan Forkopimda Kabupaten Sorong Selatan, serta Masyarakat Adat di Distrik Kokoda dan Inanwatan atas sinergi dan kemitraan dalam mendukung kelancaran operasional dan citra positif Investasi hulu migas di daerah.

    Baca juga:  Disnakertransdas PB Puji Bp Indonesia Penuhi Hak-hak Pekerja Selama Proses Demobilisasi

    “SKK Migas memiliki target kegiatan eksplorasi dan eksploitasi baik seismik dan pemboran yang sangat masif. Kegiatan yang akan dilakukan saat ini, yakni kegiatan seismik, adalah proses mencari informasi data minyak dan gas bumi yang belum terlihat pada lapisan batuan di dalam perut bumi”, papar Subagyo.

    Menurut dia, kegiatan seismik membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Namun jika ditemukan potensi yang bernilai ekonomis, tentu hasilnya akan dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

    Selanjutnya, rombongan Pemda berserta para Forkompinda Kab Sorong Selatan bersama tim SKK Migas – Bp Berau, secara langsung melanjutkan kegiatan sosialisasi rencana eksplorasi seimik di Distrik Kokoda (12/04) dan sehari setelahnya di Distrik Inanwatan (13/04).

    Kepala Suku IMEKO, Yohan Bodory, yang selalu hadir di setiap acara pengenalan dan pembekalan terkait rencana eksplorasi seismik, menyampaikan pesannya agar dapat memberikan ruang kepada Bp Berau yang saat ini hanya akan melakukan tahapan survei.

    Baca juga:  LBHIC: Secara Normatif, Tarif PCR RSU Manokwari pada Juli 2021 Tak Bermasalah

    “Mari kita sambut kehadiran perusahaan (red. SKK Migas – Bp Berau) kedepannya jangan pernah kita berikan air mata kepada generasi kita, tetapi kita harus bisa menciptakan mata air untuk masa depan kita,” jelasnya.

    Pesan yang sama disampaikan juga oleh Kepala Distrik Inanwatan Marten Mitogae. Ia mengajak masyarakat memberikan kesempatan kepada Bp Berau dalam rencana eksplorasi seismik di daerah kita yang memiliki potensi yang selama ini tidak dikelola dengan baik.

    Sebagai tindaklanjut dari rangkaian audiensi dan sosialisasi atas pengenalan rencana kerja pemerintah dalam program kerja hulu migas, selanjutnya para pimpinan pemerintah daerah Kab. Sorsel telah menyepakati adanya rencana koordinasi dengan Kepala Distrik yang akan dilalui kegiatan eksplorasi seismik guna mengumpulkan data potensi tenaga kerja di daerah itu. (*/red)

    Latest articles

    Hermus Indou Impikan Mall Pelayanan Publik di Manokwari

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah kabupaten Manokwari menerima Piagam Penghargaan Penilian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Tahun 2023 dari Ombudsman RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung...

    More like this

    Hermus Indou Impikan Mall Pelayanan Publik di Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah kabupaten Manokwari menerima Piagam Penghargaan Penilian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah...

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu Sampai Mamasa Sulbar

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek...

    Ratusan Personel Polda Papua Barat Tandatangani Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A. 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Biro SDM menggelar Penandatanganan pakta integritas serta pengambilan...