25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    STKIP Muhammadiyah Manokwari Wisuda 75 Sarjana, 6 Orang Raih Cumlaude

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari mewisuda 75 sarjana dari berbagai program studi, Rabu (30/11/2022). Enam wisudawan meraih predikat cumlaude.

    Mereka yang meraih cumlaude, yakni Lutfi Khoirunnisa dengan nilai 3,94, Dewi Sartika (3,92), Yusuf Pitman Pataimusi (3,84), Mardhatila Alfa Hidayati (3,79), Albertina Izaak (3,59), dan Paulina Maidodga sebagai mahasiswa inspiratif.

    Ketua Sekolah STKIP Muhammadiyah Manokwari, Hawa Hasan, mengatakan STKIP yang didirikan sejak 2007 oleh perkumpulan Organisasi Muhammadiyah Manokwari kini telah membentuk lima program studi (prodi) terakreditasi. Kelimanya adalah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Inggris, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

    Baca juga:  Lewat Sepakbola, Gubernur Jalin Silaturahmi Dengan Jajaran Polda

    “Seluruh civitas academica menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Para wisudawan dan wisudawati ini mereka semua siap dipakai untuk mengabdi di lembah, pegunungan, dan pantai. Maka memang cocoklah dengan pepatah guru pahlawan tanpa tanda jasa,” kata Hawa.

    Ia menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas guru, STKIP Muhammadiyah Manokwari bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dan Manokwari Selatan demi memberi kesempatan guru yang belum memiliki kualifikasi sarjana.

    “Kita juga senantiasa meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di mana sejak 2017 memberi kesempatan kepada empat dosen untuk studi lanjut ke jenjang doktoral,” jelasnya.

    Baca juga:  Ratusan Jemaah Muhammadiyah Salat Id di Kampus STKIP Manokwari

    Hawa menyebut, saat ini STKIP Muhammadiyah Manokwari memiliki 18 dosen yang bersertifikasi.

    Dapat 197 Beasiswa

    Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV, Suriel S. Mofu, mengatakan ada puluhan beasiswa yang di bawah dari kementerian di Jakarta. STKIP Muhammadiyah Manokwari sendiri telah menerima 197 beasiswa.

    “Saya berharap kalau di daerah ada uang, mari kita bantu anak-anak Papua untuk melanjutkan kuliah,” ujar Suriel.

    Sejauh ini, kata dia, sudah 197 beasiswa diberikan kepada STKIP Muhammadiyah Manokwari dari kementerian melalui LLDIKTI. Beasiswa itu meliputi sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) sejak semester satu hingga selesai dan juga biaya hidup selama semester satu hingga selesai.

    Baca juga:  IKT Papua Barat Minta Kematian Vitra Diusut

    Di sisi lain, berdasarkan data yang dimiliki, terdapat 92 persen mahasiswa Papua yang kuliah di perguruan tinggi swasta rata-rata penghasilan orang tuanya Rp2 juta.

    “Dari 92 persen itu 54 persen mahasiswa orang tuanya tidak berpenghasilan,” kata Mofu yang juga mantan Rektor Universitas Papua.

    “Oleh sebab itu, saya bekerja keras di kementerian untuk berjuang bagi anak anak kita Papua, tetapi saya tidak sanggup. Kita butuh dukungan pemerintah daerah,” ucapnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...