26.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    SKK Migas Optimistis Capai Kemandirian Energi di 2030

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – SKK Migas wilayah Papua dan Maluku tengah gencar melakukan melakukan sosialisasi guna penguatan ekonomi daerah. Di Maluku dan Papua, sektor ini diharapkan memberi kontribusi untuk mencapai target 1 juta barel minyak per hari.

    Penasihat ahli Kepala SKK Migas Bidang Teritorial Mayjend TNI (Purn) Nono Suharsono menyampaikan bahwa industri hulu migas memiliki kontribusi bagi pendapatan negara yang cukup besar. Bahkan sangat menentukan di masa masa krisis saat pandemi

    “Pemerintah, melalui SKK Migas memiliki visi dan target untuk mewujudkan produksi nasional 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari di tahun 2030 untuk kemandirian energi,” ungkap Nono dalam rilis ke media ini, Sabtu (23/10/21).

    Baca juga:  Migas, "Harta Karun" Tanah Papua: Menjamin Kemakmuran Rakyat?

    Nono Suharsono menambahkan sinergitas dan kolaborasi bersama baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, akademisi dan masyarakat dapat mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) dan mengamankan Objek Vital Nasional (Obvitnas). Karena itu ia mengharapkan ekplorasi sumur baru berupa kemudahkan perizinan di daerah berikut jaminan keamanan.

    “Termasuk juga kenyamanan berinvestasi, tentu untuk kelancaran kegiatan operasional hulu migas di Wilayah Maluku dan Papua,” terang dia.

    Baca juga:  SKK Migas Distribusikan Dukungan Sosial 1.000 Paket Sembako Pascabanjir Sorong

    Wakil Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Maluku, AKBP Raja Arthur Lumongga, menyatakan komitmen untuk tetap menjaga keamanan wilayah kerja KKKS dan mencegah potensi konflik.

    Hal senada disampaikan oleh Asisten Intelijen Pangkalan Utama Angkatan Laut IX, Kolonel Laut (KH) Fahyudi, yang menginformasikan bahwa telah dibangun beberapa pangkalan dan Pos Angkatan Laut (posal) di wilayah teritorial Maluku.

    “Khusus untuk blok Masela, sedang dipersiapkan pengamanan teritorial khusus untuk mengamankan Obvitnas di wilayah perbatasan Indonesia – Australia”, ungkap Fahyudi.

    Wakil Rektor I Pattimura Ambon, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy menyampaikan, Unpatti juga turut mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Maluku dengan telah dibukanya jurusan sains seperti teknik geologi dan teknik perminyakan, untuk meningkatkan kemampuan dan peluang masyarakat lokal berkarir di industri hulu migas.

    Baca juga:  Kasihiw Akui Kemitraan dengan SKK Migas Hasilkan Banyak Gagasan Besar

    Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan dukungan untuk kelancaran kegiatan hulu migas di Kabupaten Seram Bagian Timur. Ia berharap rencana kegiatan seismik yang akan dilakukan oleh KKKS Balam Energy Pte Ltd dapat menemukan potensi reservoir hidrokarbon sehingga pemanfaatan sumber daya tersebut ke depan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat. (*/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...