27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Sembilan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota di Papua Barat Dilantik

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Bernad Dermawan Sutrisno, melantik 92 sekretaris KPU kabupaten/kota se-Indonesia, Rabu (22/9/2021). Proses pelantikan digelar secara virtual.

    Dari seluruh yang dilantik, 72 merupakan hasil seleksi yang merupakan staf organik KPU. Sementara, sisanya sekitar 18 hasil seleksi yang didapatkan dari dari pemerintah daerah.

    Terdapat sembilan sekretaris KPU di Papua Barat juga turut serta dalam proses pelantikan, yakni Sekretaris KPU Kabupaten Kaimana, Fakfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Manokwari Selatan, Sorong, Maybrat, Sorong Selatan, dan Kota Sorong.

    Baca juga:  KPU Goes to School, Sasar Siswa Teluk Bintuni Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

    Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat, Michael Mote, mengatakan proses pelantikan ini merupakan hasil seleksi sekretaris se-Papua Barat selama dua bulan yang diselenggarakan KPU RI.

    “Proses seleksi dilakukan terbuka untuk umum dan hari ini dilantik oleh Sekjen KPU RI secara serentak,” kata Mote.

    Dia mengatakan, untuk Papua Barat, terdapat dua ASN dari KPU Papua Barat yang dilantik. Mereka digeser ke Fakfak dan Bintuni. Sementara, di beberapa daerah lain, mereka merupakan ASN organik di KPU masing-masing.

    Baca juga:  Kemendagri Terima Dokumen 21 Ranperda Papua Barat

    “Sekretaris KPU Manokwari Selatan (Mansel) bergeser ke Teluk Wondama, sebaliknya dari Wondama bergeser ke Mansel,” kata Mote.

    Pelantikan ini, kata dia, merupakan hal lumrah. Dia juga menjelaskan, pengisian jabatan eselon IV dan III semuanya akan diisi. “Ini hal yang biasa, proses rotasi dan mutasi jabatan,” ucapnya.

    Dijelaskan, berdasarkan target dari Sekjen KPU RI, pada 2022 nanti kesiapan jabatan sekretaris di seluruh Indonesia telah terisi dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

    “Target Pak Sekjen di tahun 2022 pengisian jabatan eselon III dan eselon IV sudah terisi untuk menghadapi tahapan Pemilu,” jelasnya.

    Baca juga:  Bahas Anggaran Pemilu 2024, Pemprov Papua Barat Segera Undang KPU

    Mote menjelaskan, dengan dilantiknya sembilan sekretaris KPU di kabupaten/kota di Papua Barat, maka tentu hak dan kewenangan mereka diberikan.

    “Tadi saat pelantikan Pak Sekjen berpesan ketika mereka pegang SK langsung ke tempat tugas, nanti kami selaku Sekretaris KPU Papua Barat melakukan pendampingan terkait serah terima jabatan,” tuturnya.

    Disinggung soal pengisian jabatan Sekretaris KPU Kabupaten Manokwari, Mote mengatakan saat ini masih kosong dan akan diisi nanti. (*)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...