Selasa, Oktober 26, 2021
27.6 C
Manokwari
27.6 C
Manokwari
Selasa, Oktober 26, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

143,235
Total Kematian
Updated on Tuesday, 26 October 2021, 17:28 5:28 pm
13,554
Total Kasus Aktif
Updated on Tuesday, 26 October 2021, 17:28 5:28 pm
4,240,479
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Tuesday, 26 October 2021, 17:28 5:28 pm

Sembilan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota di Papua Barat Dilantik

MANOKWARI, Linkpapua.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Bernad Dermawan Sutrisno, melantik 92 sekretaris KPU kabupaten/kota se-Indonesia, Rabu (22/9/2021). Proses pelantikan digelar secara virtual.

Dari seluruh yang dilantik, 72 merupakan hasil seleksi yang merupakan staf organik KPU. Sementara, sisanya sekitar 18 hasil seleksi yang didapatkan dari dari pemerintah daerah.

Terdapat sembilan sekretaris KPU di Papua Barat juga turut serta dalam proses pelantikan, yakni Sekretaris KPU Kabupaten Kaimana, Fakfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Manokwari Selatan, Sorong, Maybrat, Sorong Selatan, dan Kota Sorong.

Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat, Michael Mote, mengatakan proses pelantikan ini merupakan hasil seleksi sekretaris se-Papua Barat selama dua bulan yang diselenggarakan KPU RI.

“Proses seleksi dilakukan terbuka untuk umum dan hari ini dilantik oleh Sekjen KPU RI secara serentak,” kata Mote.

Dia mengatakan, untuk Papua Barat, terdapat dua ASN dari KPU Papua Barat yang dilantik. Mereka digeser ke Fakfak dan Bintuni. Sementara, di beberapa daerah lain, mereka merupakan ASN organik di KPU masing-masing.

“Sekretaris KPU Manokwari Selatan (Mansel) bergeser ke Teluk Wondama, sebaliknya dari Wondama bergeser ke Mansel,” kata Mote.

Pelantikan ini, kata dia, merupakan hal lumrah. Dia juga menjelaskan, pengisian jabatan eselon IV dan III semuanya akan diisi. “Ini hal yang biasa, proses rotasi dan mutasi jabatan,” ucapnya.

Dijelaskan, berdasarkan target dari Sekjen KPU RI, pada 2022 nanti kesiapan jabatan sekretaris di seluruh Indonesia telah terisi dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

“Target Pak Sekjen di tahun 2022 pengisian jabatan eselon III dan eselon IV sudah terisi untuk menghadapi tahapan Pemilu,” jelasnya.

Mote menjelaskan, dengan dilantiknya sembilan sekretaris KPU di kabupaten/kota di Papua Barat, maka tentu hak dan kewenangan mereka diberikan.

“Tadi saat pelantikan Pak Sekjen berpesan ketika mereka pegang SK langsung ke tempat tugas, nanti kami selaku Sekretaris KPU Papua Barat melakukan pendampingan terkait serah terima jabatan,” tuturnya.

Disinggung soal pengisian jabatan Sekretaris KPU Kabupaten Manokwari, Mote mengatakan saat ini masih kosong dan akan diisi nanti. (*)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here