Selasa, Januari 31, 2023
25.2 C
Manokwari
25.2 C
Manokwari
Selasa, Januari 31, 2023

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Saat Waterpauw Terpukau dengan Puisi Sasen Basongan Anak Disabilitas di Manokwari

MANOKWARI, LinkPapua.com – Sasen Basongan, seorang anak berkebutuhan khusus tampil memukau saat membawakan puisi di hadapan Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. Sasen tampil dengan penuh penjiwaan.

“Selama dunia masih berputar, aku tidak akan berputus asa. Kelemahanku bukanlah hambatan ku,” begitulah penggalan puisi dari Sasen siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Panca Kasih Manokwari, Senin (26/12/2022), usai nonton bareng film “Tegar” di bioskop Manokwari. “Tegar” berkisah tentang seorang anak berkebutuhan khusus.

Sasen membuat sang purnawirawan jenderal polisi bintang tiga itu menyimak tiap bait puisi yang dibawakannya. Ia membawakan puisi tanpa menggunakan teks.

“Bangkitlah kawanku, peganglah tanganku, satu tekad satu tujuan untuk naik menggapai mimpi bersama,” ucap siswa SLB itu sontak mendapat tepung tangan meriah dari Penjabat Gubernur dan warga yang hadir.

Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengatakan “Tegar” yang bintangi Aldifi Tegarejasa dan aktor Dedy Mizwar itu membuat ia tersentuh. Film ini, kata dia, bisa menjadi motivasi bagi semua orang. Tak hanya bagi disabilitas.

Baca juga:  Pemprov Papua Barat Target Serapan Anggaran 90 Persen di Desember
Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Minta Bentuk Tim Percepat Pembangunan Manokwari

“Saya melihat film Tegar itu sangat menyentuh saya, karena itu seorang anak disabilitas yang diangkat dalam cerita itu bagaimana dia mengalami keterbatasan tetapi dia memiliki keunggulan yang luar biasa,” katanya.

Di sisi lain, Paulus juga menyebut kalangan disabilitas di Papua Barat harus mendapat perhatian dari pemerintah.

“Saya rencana mengundang saudara-saudara di sekitar Susweni, di Sanggeng dan Wosi untuk menonton film Tegar. Maknanya bagaimana pentingnya belajar tentang kehidupan. Artinya kita yang beruntung (lahir normal) ini melewatkan waktu sesaat saja untuk hal yang membawa kebangkitan bagi kita,” tuturnya.

Ia kemudian mengajak seluruh masyarakat agar bangkit bersama. Sebab, motivasi terbesar berasal dari diri.

“Saya berharap film ini nanti akan kita putar di kampung-kampung. Kita buat semacam nobar agar memotivasi semua pihak,” ucapnya.

Nobar “Tegar” dihadiri oleh orang tua dan para kelompok disabilitas di Manokwari. Hadir juga Kapolda Papua Barat, Penjabat Sekda Papua Barat, dan juga sejumlah pimpinan OPD Papua Barat. (LP2/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here