27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Piala AFF 2022: Indonesia Hajar Brunei Darussalam 7-0

    Published on

    Kuala Lumpur, linkpapua.com- Timnas Indonesia tampil menggila dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam, sore tadi. Skuad Garuda menang 7-0.

    Laga Indonesia vs Brunei dihelat di Stadion Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). Dua gol dicetak Indonesia di babak pertama dan lima lainnya disarangkan di babak kedua.

    Di babak pertama, keunggulan 2-0 didapat lewat gol Syahrian Abimanyu dan Dendy Sulistyawan. Kemudian, lima gol bisa ditambah di babak kedua, masing-masing oleh Egy Maulana, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri.

    Kemenangan 7-0 membuat Indonesia sementara memimpin Grup A dengan 6 poin dari dua laga. Indonesia sementara menyalip Thailand dan Filipina, yang baru akan bertanding sesaat lagi.

    Jalannya Pertandingan

    Sejak kick off, kedua tim sama-sama saling menekan. Indonesia tampil efektif, dengan bisa menghasilkan beberapa peluang di sepuluh menit pertama.

    Baca juga:  Piala Dunia 2022: Prancis Umumkan Coret Karim Benzema

    Terus menekan, gol akhirnya didapat Indonesia. Tim tamu bisa menjebol gawang Brunei pada menit ke-20, lewat aksi Syahrian Abimanyu. Menerima operan Ilija Spasojevic, Syahrian meneruskannya dengan sepakan kaki kiri ke gawang. Bolanya mengarah ke pojok kiri bawah, dan tak bisa diantisipasi Haimie Nyaring. Indonesia unggul 1-0.

    Unggul satu gol, Indonesia terus menekan Brunei. Pada menit ke-28, Dendy Sulistyawan punya kans mencetak gol. Berawal dari crossing Edo Febriansah di sisi kiri, bola bisa mengarah ke kotak penalti, dan menemui Dendy. Sepakan dilepaskan, namun bola malah melayang ke atas gawang.

    Di menit ke-30, kans kembali didapat lewat aksi Saddil Ramdani. Saddil merangsek ke kotak penalti, dan melepaskan tembakan jarak dekat. Namun, bolanya bisa dihalau kiper Brunei.

    Baca juga:  Waterpauw Harapkan Komunikasi Aktif BP3OKP dengan Pemerintah Daerah

    Empat menit berselang, Saddil kembali nyaris menjebol gawang Brunei. Dari tendangan bebas, usai Dendy dilanggar Yura Yunos, Saddil melepaskan bola, namun masih membentur tiang gawang Haimie Nyaring.

    Di menit ke-38, Brunei kena apes usai harus bermain dengan 10 orang. Alinur Jufri menelan kartu kuning keduanya, usai melanggar keras Saddil Ramdani.

    Gol kedua Timnas Indonesia akhirnya lahir di menit ke-41. Gol dicetak Dendy Sulistyawan. Dari sisi kanan, crossing Asnawi bisa disontek Saddil Ramdani, namun bolanya mengarah ke Dendy, yang langsung meneruskannya dengan sepakan di mulut gawang Brunei Darussalam. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

    Di babak kedua, dominasi Indonesia berlanjut. Dua gol cepat kemudian bisa ditambah pasukan Shin Tae-yong.

    Pertama Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-59. Egy bisa meneruskan umpan Edo menjadi gol lewat sundulan. Skor 3-0 untuk Indonseia.

    Baca juga:  Lanjutkan Lawatan ke Kampung Kotam, Ali Baham Bicara Program Prioritas

    Semenit berselang, Spasojevic ikutan menambah gol. Sepakan kaki kanannya, memanfaatkan umpan Asnawi berbuah gol. Keunggulan Garuda menjadi 4-0.

    Tekanan Indonesia belum berhenti. Di menit ke-68, Ramadhan Sananta, yang menggantikan Spasojevic, bisa ikutan menambah gol. Skor menjadi 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

    Sudah unggul jauh, Indonesia mengendurkan tekanannya. Namun, Brunei masih terlihat kesulitan menembus rapatnya lini belakang tim Merah Putih yang cukup disiplin.

    Malah Indonesia bisa menambah satu gol lagi. Marc Klok, yang baru masuk, bisa memperbesar keunggulan menjadi 6-0, usai meneruskan umpan Yakob Sayuri.

    Di masa injury time, Yakob Sayuri ikutan memperbesar keunggulan menjadi 7-0. Gol itu menjadi penutup pesta Timnas Indonesia ke gawang Brunei Darussalam. (*/Red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu Sampai Mamasa Sulbar

    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek...

    Ratusan Personel Polda Papua Barat Tandatangani Pakta Integritas Dikbangum Polri T.A. 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepolisian Daerah Papua Barat melalui Biro SDM menggelar Penandatanganan pakta integritas serta pengambilan...

    Sekolah Apresiasi Program ‘Si Tarjal’ Polres Teluk Bintuni: Beri Rasa Aman

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Program Polisi Antar Jemput Anak Sekolah (Si Tarjal) Polres Teluk Bintuni mendapatkan...