25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Penyaluran BOK di Puskesmas Pelosok tak Optimal, Dinkes Mansel Sosialisasi Juknis

    Published on

    MANSEL, linkpapua.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Selatan menggelar sosialisasi petunjuk teknis (juknis) Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan bimbingan teknis aplikasi salur langsung BNI direct kepada penerima bantuan. Sosialisasi ini guna menjawab problem penyaluran BOK yang terap tak optimal di puskesmas pelosok.

    Sosialisasi dilakukan di Kobrei Jalur II, Selasa (14/3/2023). Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Yohanis Karubui.

    Baca juga:  Manokwari Water Sport, Hermus: Masyarakat Tak Perlu Jauh-jauh Berwisata ke Bali

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, kepala puskesmas dan bendahara puskesmas dari enam distrik di Kabupaten Manokwari Selatan. Hadir pula Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Mansel.

    Yohanis Karubui menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan informasi secara detail terkait mekanisme penyaluran BOK berdasarkan permenkes terbaru.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat ke Fakfak, Ketua Masyarakat Adat Minta Ungkap Dalang Kasus Kramomongga

    Senada Yohanis, Kepala Seksi Kefarmasian, Narti Sikumbang menuturkan bahwa dengan dilaksanakannya sosialisasi BOK Salur ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas secara maksimal. Terutama di puskesmas pesisir.

    “Sebab selanjutnya penginputan BOK salur langsung ke puskesmas melalui bank BNI yang dalam proses realisasinya dengan cara nontunai by user sehingga prosesnya tercatat di dasbord BNI,” jelasnya

    Baca juga:  Warga Kampung Muari Kini Bisa Berobat di Dokter Praktik dengan BPJS

    Narti mengungkapkan, selama beberapa tahun menangani BOK banyak hal yang terkait pelayanan yang tidak maksimal. Menurutnya, kondisi ini banyak dialami puskesmas wilayah pelosok seperti Distrik Nenei, Isim dan Tahota. (LP6/red) 

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Partai Golkar Bantah Soal Dugaan Pelanggaran Pemilu di Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Adanya tuduhan terhadap DPD Partai Golkar Papua Barat yang akan melakukan intervensi...

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...