27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Para Pengais Rezeki di Puncak HUT PI: Dari Nelayan hingga Juru Parkir

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Arus penumpang di sejumlah pelabuhan di Papua Barat meningkat sejak Minggu (5/2/2023) pagi. Masyarakat mulai bertolak menuju Pulau Mansinam dalam rangka puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-168 Pakabaran Injil (PI).

    Beberapa pelabuhan penyeberangan yang tampak dipadati warga di antaranya Pelabuhan Manokwari dan pelabuhan penyeberangan di Kwawi. Aktivitas penyeberangan meningkat sejak pukul 06.00 WIT.

    HUT PI menjadi berkah tersendiri bagi warga di sekitar pelabuhan. Aktivitas ekonomi tampak menggeliat. Di Pulau Mansinam, warga juga antusias menyambut kedatangan para pengunjung.

    Baca juga:  Ketua PWI Papua Barat Ingatkan Tanggung Jawab Pers Cegah Hoaks di Pemilu

    Piter Rumbruren, seorang warga Pulau Mansinam berdiri dengan pakaian adat sembari memegang duplikat parang adat di salah satu sudut pulau. Dia sembari menyerukan kepada pengunjung untuk foto bersama.

    “Mari yang mau foto bersama, silakan mari foto bersama,” ucap Piter yang mengaku keseharian bekerja sebagai Kepala Sekolah SMP Mansinam.

    Di lokasi foto itu terdapat beberapa ukuran patung ciri khas Papua dan sebuah kotak kaleng tempat untuk mengisi uang setelah warga foto bersama.

    “Ada yang kasih Rp20 ribu ada juga yang kasih Rp50 ribu. Tergantung kerelaan warga yang mau foto bersama,” ucap Piter.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Gelar Apel Kesiapan Jelang HUT Pekabaran Injil Ke-168

    Selain Piter, warga lain yang mendapat berkah dari kunjungan perayaan HUT Pekabaran Injil, yakni pemilik perahu nelayan.

    “Satu orang atau satu kepala Rp10 ribu untuk sekali antar dari Pelabuhan Kwawi ke Pulau Mansinam atau sebaliknya,” ucap Frans Kapisa, seorang warga nelayan.

    Dia mengaku, keluar mengais berkat sejak pagi. Dia berlabuh di pelabuhan penyeberangan Kwawi dengan tujuan Pulau Mansinam.

    Dampak ekonomi yang didapati warga lain, yakni pemilik lahan pekarangan rumah yang menyediakan lahan parkir.

    Baca juga:  Kepala Suku Pegunungan Tengah Sebut Kunjungan Wapres di HUT PI Kehormatan bagi Orang Papua

    “Mari parkir di sini aman, kita akan jaga,” ucap Jems, seorang warga Kwawi.

    Di sekitar pekarangan rumahnya terdapat sejumlah motor yang terparkir. Warga hanya dibebankan Rp5 ribu untuk satu kali parkir.

    “Cukup Rp5 ribu saja, Kaka. Kita jaga motor,” ucapnya.

    Ribuan orang dari berbagai latar belakang mendatangi Pulau Mansinam. Turut hadir Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, dan unsur Forkopimda Papua Barat serta GKI di tanah Papua. Bahkan, juga hadir para wakil dari negara Jerman dan Swiss. (LP2/Red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...