25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Legislator DPRD Manokwari Makatita Minta Rancangan Dapil Pileg 2024 Pertimbangkan Pemerataan Pembangunan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Anggota DPRD Manokwari, Johani Brian Makatita, menyebut pemerataan pembangunan daerah juga mesti menjadi dasar dalam penyusunan jumlah dapil pada Pileg 2024 nanti.

    Seperti diketahui, KPU Manokwari menawarkan dua  rancangan dapil dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan nanti. Salah satunya adalah dapil sama dengan pada Pileg 2019 lalu.

    Baca juga:  Catatan Politisi Gerindra di HUT 123 Manokwari: Infrastruktur Harus Punya Grand Desain

    “Memang dengan adanya rancangan dapil seperti pada rancangan kedua, yaitu ada dapil yang di dalamnya terdapat 10 kursi. Padahal, dapil di wilayah perkotaan tersebut sudah cukup maju tentu akan semakin maju. Hal sebaliknya terjadi pada dapil yang kursinya minim yang tentu pembangunan di daerah tersebut tidak sebanyak dapil yang memiliki anggota dewan lebih banyak,” ujar Makatita, Jumat (16/12/2022).

    Baca juga:  KPU Manokwari Bakal Sosialisasikan PKPU Tahapan Pemilu 2024 Jelang Verfak

    Seperti pada mayoritas fraksi lainnya, legislator dari Gerindra tersebut cenderung pada rancangan dapil yang sama seperti Pileg 2019 lalu. Tinggal penambahan kursi karena meningkatnya jumlah kursi dari 25 kursi menjadi 30 kursi.

    “Pasti dengan perubahan dapil berpengaruh juga pada proses perekrutan caleg dari partai politik. Kita berharap proses penentuan dapil tidak hanya mengacu pada ketentuan soal jumlah penduduk dan wilayah, tapi penyebaran pembangunan yang merata,” ujarnya.

    Baca juga:  Polresta Manokwari Sambut Hari Bhayangkara dengan Kegiatan Bakti Religi

    KPU Manokwari saat menggelar RDP dengan DPRD Manokwari sebelumnya telah menjelaskan dalam proses penyusunan dapil mengacu pada tujuh prinsip sesuai aplikasi Sidapil. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...