26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Ketua KPU RI Lantik Endang Wulansari Jadi Anggota KPU Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, telah melantik Endang Wulansari sebagai pengganti antarwaktu (PAW) Anggota KPU Provinsi Papua Barat (KPU) periode 2020-2025.

    Pelantikan yang dilakukan secara daring di Aula KPU Papua Barat, Arfai, Manokwari, Rabu (30/8/2023) malam.

    Selain melantik PAW anggota dari KPU Barat, Hasyim Asy’ari juga melantik secara daring PAW dari lima KPU kabupaten/kota, yakni dari KPU Kabupaten Rokan Hilir, KPU Kabupaten Lebak, KPU Kabupaten Halmahera Timur, KPU Kabupaten Mimika, dan KPU Kota Makassar.

    Baca juga:  KPU Papua Barat Tetapkan DPT Pemilu 2024

    Seusai pengambilan sumpah dan pembacaan pakta integritas, Hasyim Asy’ari berpesan kepada 6 anggota KPU provinsi dan kabupaten/kota yang dilantik agar segera melakukan penyesuaian dan adaptasi dengan situasi kerja di lingkungan KPU karena tahapan pemilu sudah berjalan.

    Penetapan DCS, pengumuman DCS, dan KPU juga sudah menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat.

    Sebelumnya, KPU juga telah menetapkan DPT, peserta pemilu juga sudah ditetapkan partai politiknya, dan sekarang KPU juga sedang melaksanakan pencalonan bakal calon DPD.

    Baca juga:  Yance Samonsabra Daftar DPD RI, Bawa 1.480 Dukungan ke KPU Papua Barat

    Ritme kerja KPU yang makin hari makin padat, Hasyim Asy’ari berharap agar anggota KPU yang baru dilantik ini tetap berpegang teguh dan berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan. Baik itu undang-undang pemilu maupun undang-undang lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu. Kemudian peraturan KPU, peraturan Bawaslu, dan peraturan DKPP.

    Menurut Hasyim Asy’ari, hal ini penting untuk dipedomani bersama karena salah satu prinsip penyelenggaraan Pemilu adalah berkepastian hukum.

    Sebagai informasi, Endang Wulansari merupakan sosok yang tidak asing bagi para penyelenggara pemilu di Papua Barat.

    Baca juga:  Serahkan DPA, Bupati Bintuni Ingatkan OPD Hati-hati Kelola Anggaran

    Endang pernah tercatat sebagai staf di Kantor Panwaslu Kabupaten Sorong 2008 – 2009, Anggota Panwaslu Kabupaten Tambrauw 2010 – 2012, dan pernah menjadi Anggota KPU Kabupaten Tambrauw 2013 – 2018.

    Pasca pelantikan perempuan yang lahir dan besar di Kabupaten Sorong ini, maka susunan komisioner KPU Papua Barat periode 2020-2025, yakni Paskalis Semuanya (Ketua merangkap Anggota), Abdul Halim Shidiq (Anggota), Abdul Muin Salewe (Anggota), dan Endang Wulansari (Anggota). (LP9/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...