26.5 C
Manokwari
Senin, Maret 4, 2024
26.5 C
Manokwari
More

    Jokowi: Pers Sedang Tidak Baik-Baik Saja

    Published on

    MEDAN, LinkPapua.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara Sport Center, Kamis (9/2/2023). Jokowi dalam kesempatan ini menyampaikan tantangan berbeda pers di tiap era.

    “Pada hari peringatan hari pers nasional sekarang saya ingin mengatakan bahwa dunia pers tidak sedang baik baik saja. Saya ulang dunia pers tidak sedang baik baik saja,” ujar Jokowi pada puncak HPN tahun ini yang mengangkat tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat.

    Baca juga:  Pemprov Sultra Optimistis Sukses Jadi Tuan Rumah HPN

    Jokowi mengatakan, sebelumnya yang selalu diangkat adalah tentang kebebasan pers. Akan tetapi, saat ini tantangannya adalah pers yang bertanggung jawab.

    “Karena masyarakat dibanjiri berita-berita dan pada umumnya untuk kepentingan komersial saja. Termasuk juga adanya konten receh yang mengedepankan sensasional saja yang mengorbakan kualitas isinya,” kata Jokowi.

    Di samping itu, Jokowi juga mengakui peran pers sangat besar dalam kontribusi perjuangan maupun pembangunan negara.

    “Saya selalu bersama pers sejak saya menjadi wali kota, gubernur, hingga presiden dalam setiap aktivitas. Misalnya, saat blusukan ini sebagai bukti pers membuka harapan orang di daerah dapat menjadi presiden. Selain itu, peran pers sebagai penjernih informasi di masyarakat. Untuk itu pers harus tetap mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran dan membangun optimisme,” terangnya.

    Baca juga:  KPU Akui Tak Bisa Beri Sanksi Diskualifikasi Peserta Pilkada 2020 Meski Langgar Protokol Kesehatan

    Memasuki tahun politik, Jokowi menyampaikan pers jangan tergelincir sehingga harus mempertahankan idealismenya melainkan mesti mendorong pelaksanaan pemilu berjalan jujur dan adil demi persatuan Indonesia.

    “Pers harus tetap menjadi pilar keempat dalam demokrasi dan menjadi pilihan utama di saat masyarakat mencari informasi,” ucapnya.

    Baca juga:  Jokowi Ingatkan Inflasi Sudah di Depan Mata: Kepala Daerah Tak Boleh Diam

    Pada perayaan puncak HPN kali ini, sejumlah kepala daerah maupun tokoh pers mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Mereka di antaranya Wali Kota Medan, Bupati Agam, Gubernur Sulawesi Tenggara, dan Gubernur Sumatera Utara.

    Selain Jokowi, turut hadir pejabat lainnya Menkominfo Johnny G Plate, Menkopolhukam Mahfud MD, Panglima TNI Laksamana Yugo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, Ketua Dewan Pers yang baru dilantik Ninik Rahayu. (LP3/Red)

    Latest articles

    Ali Baham: Bank Papua Beri Andil Besar Menopang Pembangunan Daerah

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com-Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere membuka Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) tahun buku 2023 di...

    More like this

    Tingkatkan Kapasitas Humas, Kemenkumham Gelar What’s Up

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘What’s Up’....

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Resmi! Jokowi Lantik Hadi jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik,...