oleh

Ikuti Upacara Harla Pancasila, Wabup Manokwari Pilih Pakai Baju Khas Jawa

MANOKWARI, Linkpapua.com – Pejabat Pemerintah Kabupaten Manokwari ikut dalam upacara peringatan Hari lahir Pancasila (Harla Pancasila) secara virtual di Ruang Sasana Karya, Selasa (1/6/2021).

Dalam upacara yang digelar secara virtual ini, Bupati, Wakil Bupati (Wabup) Manokwari, Plt Sekda, para Asisten, dan hingga kepala dinas mengenakan busana berbau adat.

Baju adat yang dipakai tidak seragam. Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengenakan batik Papua dan topi khas suku Arfak. Lalu, Wakil Bupati Manokwari tampil beda dengan baju Surjan dan blankon. Sementara itu, Sekda dan para kepala dinas kompak mengenakan batik Papua.

Presiden Jokowi dalam amanatnya mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji daya juang bangsa Indonesia.

Meski demikian, lanjut Presiden, nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan.

“Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan.

Bupati Manokwari, Hermus Indou, usai upacara mengatakan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila menanamkan nilai perjuangan di dalam diri masyarakat Indonesia. Menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam berbangsa dan bernegara sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga dan lestari.

Bupati juga menyebut peringatan Hari lahir Pancasila sangat bermanfaat untuk menyatukan komitmen kebangsaan. Apa pun tantangan atupun ideologi lain yang akan mengikis kehidupan dari masyarakat, Pancasila ada untuk mempersatukan seluruh perbedaan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

“Ciri kita adalah Indonesia ber-Bhineka Tunggal Ika dan wajib kita lestarikan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Bupati.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional berlangsung di Gedung Pancasila, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak menjadi inspektur upacara. (LP2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini