27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    DPT Ditetapkan Juni, Belum Rekam KTP-el Tak Bisa Memilih

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 pada Juni mendatang. Warga yang belum melakukan perekaman KTP-el terancam tak bisa memilih.

    Komisioner KPU Papua Barat, Abdul Muis Salewe, mengungkapkan pada uji publik Perpu Nomor 1 Tahun 2022 termaktub prasyarat bahwa jika tidak melakukan perekaman KTP-el maka tidak bisa memilih dalam Pemilu 2024.

    Baca juga:  Bawaslu Manokwari Ingatkan Caleg DPRK Patuhi Jadwal Kampanye

    “KPU minta masyarakat segera melakukan perekaman e-KTP. KPU mencetak surat suara berdasarkan DPT yang ditetapkan tujuh bulan sebelum pelaksanaan pemilihan,” ujarnya, Jumat (20/1/2023).

    Hingga satu bulan ke depan Muis berharap masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-el agar bisa melakukan perekaman KTP-el.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Alokasikan Rp60 Miliar untuk Pemilu 2024

    Kata dia, pada tanggal 6 Februari mendatang pantarlih (panitia pemutakhiran data pemilih) akan dilantik dan kerja mereka hanya satu bulan sampai 6 Maret.

    “Tanggal 15 Maret akan direkap secara keseluruhan dan itu batas terakhir tidak ada lagi penambahan. di tanggal 21 Juni akan dilakukan penetapan DPT yang akan digunakan surat suaranya dan jumlah logistiknya disesuaikan tujuh bulan sebelum hari H,” paparnya.

    Baca juga:  Empat Kabupaten Belum Teken NPHD Pilkada 2024, KPU Papua Barat Minta Segerakan

    Dijelaskan Muis, Ini merupakan kerja keras semua pihak sehingga hal ini nantinya tidak menjadi bom waktu. (LP9/Red)

    Latest articles

    Kejati Papua Barat Tangkap DPO Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Babo, Diburu...

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat menangkap DPO kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Rakyat di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni. Upaya...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...