28 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
28 C
Manokwari
More

    Dominggus harap ulama tidak diam terhadap persoalan umat

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com- Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan berharap ulama di provinsi ini tidak diam serta apatis terhadap fenomone dan persoalan yang dihadapi umat.

    Menurut Gubernur saat membuka Rapat Kerja Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat di Manokwari, Sabtu (24/10), ulama memiliki tanggung jawab moral terhadap umat. Peran dan tugas ulama harus diperkuat.

    “Peran dan Tugas MUI juga harus dikembangkan menyesuaikan perkembangan masyarakat. Ada empat fungsi MUI sebagai batomater keberhasilan atas tugas yang akan dan sudah dilaksanakan,” ucap Dominggus.

    Baca juga:  330 Pengusaha UMKM di Manokwari Dapat Bantuan Modal Usaha

    Dominggus pun menginginkan MUI terus berperan dalam menjaga keharmonisan hubungan antar umat beragama di seluruh daerah. Kerukunan beragama di provinsi ini harus terus dipertahankan.

    Dari hasil survei Kementerian Agama pada tahun 2019, lanjut Gubernur, Papua Barat berada pada urutan teratas sebagai daerah dengan toleransi dan kerukunan beragama terbaik di Indonesia.

    Baca juga:  Polres Manokwari Sebut Ada Kerugian Negara di Proyek Mangkrak Jembatan Waramomi

    “Ini harus kita jaga bersama dan MUI memiliki peran besar untuk itu,” ucap Mandacan lagi.

    Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrou pada kesempatan itu mengatakan bahwa akan ada sejumlah program prioritas yang akan dibahas dalam rapat kerja tersebut, diantaranya terkait upaya menjaga keharmonisan antar umat beragama.

    “Kami Komitmen untuk terus bersama pemerintah daerah dalam membangun Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat,” katanya.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Gelar Gerakan Pangan Murah Stabilkan Pasokan dan Harga

    Kepada seluruh pengurus MUI di Papua Barat Nausrou berharap COVID-19 tidak menjadi penghalang dalam berhikmat kepada umat. Tugas dan peran lembaga ini harus terus berjalan dalam setiap situasi.

    “Tahun ini memang cukup berat karena berada wabah COVID-19. Kita harus hadapi dan jangan jadi halangan untuk berhikmat kepada umat,” ucapnya lagi. (LPB1/red)

    Latest articles

    TNI-Polri Ingatkan Bahaya Penggunaan Senpi-Handak: Ancamannya Hukuman Mati!   

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan penyuluhan tentang bahaya penggunaan dan penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak bagi...

    More like this

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...

    Distrik Manokwari Barat Upayakan Percepatan Capaian PIN Polio

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Untuk mengatasi kejadian luar biasa (KLB) polio yang terjadi tanah Papua, Pemerintah...

    Hadiri HUT Ke-6 Jemaat GPKAI, Dominggus Mandacan Beri Bantuan Rp50 Juta

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Kepala Suku Besar Arfak Dominggus Mandacan menghadiri agenda pentahbisan dan perayaan HUT...