27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    STIH Wisuda 206 Mahasiswa, Terdiri Dari 3 Jurusan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari menggelar rapat senat terbuka wisuda 206 orang mahasiswa tahun akademik 2020/2021 angkatan XXXVII, Kamis (16/12/2021). Wisuda ini dipimpin oleh ketua senat Filep Wamafma.

    Filep Wamafma mengungkapkan jumlah wisudawan terus mengalami peningkatan ini menjadi bukti adanya kepercayaan publik terhadap STIH Manokwari.

    “206 wisudawan/wisudawati ini diwisuda telat waktu sesuai dengan kalender akademik. Wisudawan yang ada hari ini terdiri dari berbagai latar belakang, ada yang orang tuanya buruh, petani dan nelayan. Ini menunjukan adanya pandangan baru dari orang tua yang menganggap pentingnya pendidikan . Selain itu STIH punya kepedulian terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus yang ingin tetap berkuliah di STIH,” ungkap dia.

    Baca juga:  Hermus Indou: Ramadhan Bulan Penuh Berkah

    Kepala Lembaga Layanan Pendidikan tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat mengungkapkan dengan kehadirannya di acara wisuda tersebut membuktikan STIH sudah memenuhi standar.

    “STIH merupakan perguruan tinggi swasta resmi dibawah Kemendikbud dan Ristek Dikti. Para wisatawan harus selalu memiliki inspirasi, pengetahuan, perhatian dan kualitas. Akibat pandemi Covid-19, jumlah mahasiswa yang melaksanakan aktivitas perkuliahan menurun,” ungkapnya.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Bantu Pembangunan Masjid Al Aqsho Wamena

    “Faktor utama yang menyebabkan itu karena faktor ekonomi. Memang partisipasi pendidiakan tinggi di Indonesia masih rendah, sehingga dengan undang-undang otsus maka, Perguruan Tinggi bisa bangkit karena banyak orang Papua yang membutuhkan akses pendidikan,” bebernya.

    Sementara itu, Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Asisten I Setda Papua Barat Robert Rumbekwan mengatakan wisuda merupakan awal dari jalan untuk meraih cita-cita.

    “Kehidupan modern semakin kompleks terhadap ruang dan waktu karena kompetisi sangat ketat. Kesadaran belajar harus ditingkatkan karena semua lulusan akan berkompetisi di pangsa kerja,” katanya.

    Baca juga:  Dinkes Papua Barat Gencarkan Imunisasi di Sekolah, Ada Usulan Sediakan Vaksin HPV

    Yang terpenting, kata dia, bagaimana wisudawan mampu mengembangkan diri untuk memperkuat pendidikan diri selalu berinovasi.

    “Terlebih dengan perkembangan IPTEK menjadi tuntutan baru dibidang kerja. Sehingga pekerja dituntut memiliki kualitas karena itu berdampak pada citra masyarakat dan lembaga pendidikan,”ungkapnya.

    Gubernur berpesan agar konsisten melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 206 wisudawan/wisudawati terdiri dari 3 jurusan, yaitu hukum pemerintahan, hukum perdata dan hukum pidana. (LP3/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...