25 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25 C
Manokwari
More

    Bupati Teluk Bintuni Ingin OPD Gerak Cepat dalam Peralihan SIMDA ke SIPD

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Teluk Bintuni melaksanakan workshop keuangan daerah di Swiss Belhotel Manokwari, Sabtu (10/12/2022). Pemda Manokwari tengah gencar mendorong percepatan peralihan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

    Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw mengatakan, peralihan ini penting. Sebab perencanaan pembangunan daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

    ”Sesuai dengan amanat Pasal 247 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, diterangkan bahwa perencanaan pembangunan daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam SIPD, yang membantu penyediaan data dan informasi pembangunan daerah, penyusunan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah secara elektronik yang pelaksanaannya dilakukan oleh masing-masing pemerintah daerah secara nasional,” Kasihiw.

    Baca juga:  Pemkab Teluk Bintuni Buka 612 Kuota Formasi Guru PPPK, Ini Syaratnya

    Selain itu, tujuan diterapkannya SIPD, antara lain guna meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui dukungan ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan.

    Kasihiw melanjutkan, dalam peningkatan akuntabilitas keuangan dan kinerja perencanaan pembangunan pemerintah daerah, sejak 2003 Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) telah dikembangkan. Rencana pengembangan aplikasi SIMDA juga telah bersifat dinamis dan fleksibel sehingga mengikuti tiap perubahan regulasi dari masing-masing stakeholder

    Namun, SIMDA belum sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan informasi yang dibutuhkan, baik oleh pemerintah pusat, kementerian/lembaga, dan instansi pemerintah termasuk juga kebutuhan pemerintah daerah sendiri.

    Hal ini karena SIMDA belum didukung data dan informasi yang benar-benar menggambarkan kondisi, potensi, dan permasalahan yang nyata di daerah.

    Baca juga:  Tim Wasev Mabes TNI Dijadwalkan Kunjungi Lokasi TMMD Kampung Idoor

    Guna menjawab hal itu, kata Kasihiw, perlu sebuah media yang berfungsi untuk mengompilasi data pembangunan daerah sekaligus memberikan layanan penyediaan data untuk perumusan kebijakan tersebut. Lahirlah kemudian SIPD.

    “Sehingga SIPD kini menjadi bagian integral dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah,” ucapnya.

    Namun, aplikasi tersebut juga masih perlu banyak penyesuaian dengan para stakeholder keuangan daerah sehingga butuh dilakukan pengenalan dan workshop agar lebih mempermudah pemahaman dan mempercepat peralihan dari SIMDA ke SIPD.

    “Besar harapan saya penyelenggaraan workshop ini dijadikan sebagai sarana alih pengetahuan dan implementasi SIPD. Diharapkan dapat diterapkan dengan baik juga di Teluk Bintuni sesuai kebutuhan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan masyarakat di Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif, dan berdaya saing,” terang Kasihiw.

    Baca juga:  Kampung Banjar Ausoy Papua Barat Jadi Calon Juara Lomdeskel 2023

    Kepala BPKAD Teluk Bintuni, Laras Nuryani, mengatakan, tujuan workshop ini untuk meningkatkan kualitas penatausahaan keuangan daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni. Baik dari sisi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban, serta pengawasan keuangan daerah.

    Hadir pada kesempatan ini, yakni Sekretaris Dirjen Bina Keuangan Daerah pada Kemendagri, Horas Muris Panjaitan, dan Analis Keuangan Daerah pada Kemendagri, Edwin.

    Selain itu, Ketua DPRD Teluk Bintuni, Simon Dowansiba, Wakil Ketua I, Herlina Husain, Wakil Ketua II, Yohanis Pongtuluran, serta oimpinan dan staf BPKAD Kabupaten Teluk Bintuni. (LP5/Red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Bawaslu Bintuni Terus Telisik Dugaan Kecurangan di TPS-8 Kampung Argosigemerai

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Bawaslu Teluk Bintuni menemukan sejumlah dugaan kecurangan di TPS 8 TK Almagfiroh,...

    PPP Teluk Bintuni Laporkan 5 Kecurangan di Kampung Argosigemerai

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Teluk Bintuni Joko Lingara mengadukan sejumlah...

    Ketua Bawaslu Mansel Ingatkan PTPS Jangan Bertindak di Luar Wewenang

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari Selatan Inggrid A Sabubun mengingatkan para Pengawas TPS...