25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Sampaikan Sejumlah Pesan di Hadapan Ketua RT/RW

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, di hadapan ketua RT/RW se-Manokwari berpesan agar peran ketua RT/RW penting dalam sejumlah hal. Salah satunya dalam pembinaan kependudukan.

    “Ketua RT/RW ikut melakukan kependudukan, termasuk mengawasi penduduk yang datang maupun keluar. Sehingga harus tahu jika ada warga baru tujuannya apa, tinggal berapa lama di lingkungan situ. Ini sebagai deteksi awal masyarakat yang datang di wilayah setempat,” ungkap Hermus dalam penyerahan insentif kepada 272 ketua RT dan 81 ketua RW, Selasa (20/12/2022).

    Baca juga:  Papua Barat Siap Pembelajaran Tatap Muka 100%, Kadisdik: Prokes Ketat

    Dikatakannya, RT/RW juga terlibat dalam pembinaan keamanan setempat. Sehingga tanggung jawab keamanan juga ada di lingkungan setempat, bukan hanya di TNI-Polri.

    “Untuk pembinaan ketertiban dengan sudah adanya perda ketertiban, RT/RW juga ikut berperan. Karena bapak/ibu yang ada di wilayah setempat yang lebih mengetahui wilayahnya,” tambah dia.

    Baca juga:  Serapan APBD Manokwari Tembus 50 Persen, DAK Masih Tunggu Transfer

    Selain itu, Hermus juga mendorong agar ketua RT/RW berperan dalam mendorong warganya untuk didata dalam retribusi sampah. “Rumah tangga yang belum terdaftar dalam retribusi sampah, harus RT/RW data biar retribusi bisa ditarik. Karena dari kontribusi itu untuk menunjang pengelolaan sampah di Manokwari. Saya prihatin dengan penanganan sampah karena kesadaran masyarakat masih terbatas. Sehingga ke depan kita akan revisi perda Manokwari nol sampah,” tambahnya.

    Baca juga:  Situasi Mansel Sudah Kondusif Pascaaksi Anarkis Massa Siang Tadi

    Menurutnya, dengan peran serta semua pihak di lingkungan masing-masing, maka daerah tersebut akan maju. Sehingga tidak harus bergantung dari pemda dalam penataan lingkungan sekitar. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Persiapan PSU, Ketua KPU Manokwari Lantik KPPS di 7 TPS

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Christin.R. Rumkabu melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...