27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Bea Cukai Manokwari Temukan 5 Kontainer Miras, Malam ini Didrop ke Bintuni

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bea Cukai Manokwari menemukan ribuan kaleng minuman keras yang dikemas dalam lima kontainer, Senin (15/11/2021). Miras golongan A itu dipasok dari Surabaya tujuan Bintuni.

    “Kita temukan lima kontainer berisi miras jenis Bir Bintang. Dari dokumen perjalanannya, miras itu berasal dari Surabaya dengan tujuan Pelabuhan Manokwari. Dari sini, barang akan dikirimkan lagi ke Bintuni melalui jalur darat,” kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Manokwari Rachmad Agung Susanto.

    Baca juga:  Ketua PPP Papua Barat Ingatkan Kader Bekerja Sama Cegah Kecurangan Pemilu

    Rachmad menerangkan, bahwa pihaknya tidak bisa menahan atau menyita miras tersebut karena tujuan akhirnya adalah Kabupaten Teluk Bintuni. Terlebih lagi miras tersebut adalah golongan A yang notabene kadar alkoholnya berada di bawah lima persen.

    Selain itu, pengiriman barang pun dilengkapi dengan berbagai dokumen penunjang. Mulai dari izin perjalanan hingga dokumen pelindung Bea Cukai.

    Baca juga:  Masuki Masa Tenang, Bawaslu Manokwari Mulai Tertibkan APK

    “Teluk Bintuni berada di bawah pengawasan Bea Cukai Fakfak. Kita sudah koordinasikan perihal barang tersebut. Di Bintuni memang ada larangan, tetapi untuk miras Golongan A itu masih diperbolehkan,” ujar Rachmad.

    “Dokumennya lengkap dan sesuai. Pemilik barang adalah PT. MPS, dan dokumennya dilengkapi juga dengan pelindung cukai,” katanya lagi.

    Terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Manokwari Nomor 5 Tahun 2006 tentang Larangan Pemasukan, Penyimpanan, Pengedaran dan Penjualan Serta Memproduksi Minuman Beralkohol, menurut Rachmad, pihaknya telah mengoordinasikan hal tersebut kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Manokwari.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Sudah Tetapkan 7 Tersangka Penyerangan Posramil Kisor

    “Kita sudah koordinasikan langsung kepada Kepala Satpol PP Manokwari untuk penegakannya karena ini berkaitan dengan Perda. Namun, sejak Jumat lalu dikoordinasikan, belum ada tanggapan apapun sampai hari ini,” ujar Rachmad.

    “Rencana keberangkatannya berlangsung malam ini juga,” katanya lagi.(LP7/red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...