25 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25 C
Manokwari
More

    Bawaslu Ungkap Indikator TPS Rawan di Papua Barat: Tak Ada Internet-Listrik

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua Barat merelease indikator Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rawan paling tinggi se-Papua Barat pada Senin (12/2/2024).

    Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Idie menyebutkan penilaian TPS rawan berdasarkan 7 variabel dan 22 indikator yang dilakukan pada 1.923 TPS. “Ada 5 besar indikator TPS rawan paling tinggi di Papua Barat yaitu terdapat potensi pemilih memenuhi syarat namun tidak terdaftar di DPT yaitu 807 TPS, terdapat pemilih DPT yang sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 414 TPS, terdapat kendala jaringan internet sebanyak 205 TPS, ada Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 192 TPS dan kendala aliran listrik di TPS berjumlah 178 TPS,”ungkap Idie.

    Baca juga:  Dapur Umum Ala Sat Brimob Polda Papua Barat Bagi Warga Isoman di Amban

    Dijelaskannya, indikator lainnya yaitu TPS yang sulit dijangkau berjumlah 43 TPS, KPPS yang merupakan pemilih diluar domisili TPS tempatnya bertugas dan beberapa indikator lainnya.

    Baca juga:  Ratusan Starter Siap Tampil di Maraton 10 K Semarak HUT Kota Manokwari

    “Ini bagian dari kerja Bawaslu yaitu melakukan pencegahan dengan mengidentifikasi dan memetakan kerawanan. Proses ini mulai dari sosialisasi, pendataan, rekapitulasi data dan publikasi datanya. Penilaian data ini berdasarkan saat tahapan kampanye, pemutakhiran data pemilih dan laporan pengawasan panwas distrik,”tambah dia.

    Baca juga:  Komisi C Minta Pemkab Manokwari Prioritaskan Infrastruktur di Dataran Warpramasi

    Bawaslu Papua Barat berharap sejumlah TPS yang masuk dalam kategori rawan tinggi mendapatkan perhatian dari penyelenggara maupun aparat keamanan dimasing-masing wilayah hukumnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi...

    0
    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang beredar di Istana, ada dua pos menteri yang akan dirotasi, Yakni...

    More like this

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...

    Sastrawan Pulo Lasman Simanjuntak Tulis Puisi untuk Presiden RI Terpilih

    JAKARTA, linkpapua.com- Penyair dan sastrawan, Pulo Lasman Simanjuntak menulis syair untuk Presiden RI terpilih...