27.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Gubenur Dominggus Sampaikan LKPj: Program Terealisasi, PAD Tumbuh

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan materi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2021 di DPR Papua Barat Senin (11/4/2021). LKPj ini akan menjadi laporan terakhir Dominggus sebelum mangakhiri masa jabatannya Mei mendatang.

    Gubernur Dominggus menjelaskan, realisasi PAD Papua Barat 2021 sebesar Rp6,97 triliun. Angka ini melampaui target yang telah ditetapkan sebesar Rp6,93 triliun atau berada di angka 100,63 persen.

    Baca juga:  Dewan Adat Papua: Klaim Arnold Kocu Keliru

    Sementara belanja sebesar Rp7,62 triliun dari anggaran yang ditetapkan sebesar Rp8,75 triliun. Belanja ini kata dia untuk melaksanakan sejumlah program.

    “Program-program prioritas telah kota laksanakan. Sebagian besar telah terealisasi. Baik dari sisi penguatan ekonomi maupun sektor infrastruktur,” jelas Dominggus.

    Program yang terealisasi di antaranya, terciptanya SDM yang berkualitas dan berdaya saing, penguatan ekonomi masyarakat, serta di sektor infrastruktur dengan memperkuat konektivitas wilayah dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

    Baca juga:  Penipuan Oknum PNS BKSDA Teluk Bintuni: Penahanan Ditangguhkan, Keluarga Jamin Tak Melarikan Diri

    Disebutkan Gubernur, penggunaan sisa lebih perhitungan anggaran dengan realisasi sebesar Rp1,82 triliun yang terealisasi 100 persen. Sementara perubahan anggaran dari sisi pendapatan ditargetkan bertambah sebesar Rp219.34 miliar menjadi Rp6,93 triliun dari target sebelumnya sebesar Rp6,71 triliun.

    Baca juga:  Marak Aksi Pemerasan Atas Namakan Wartawan, PWI Papua Barat: Laporkan!

    Perubahan PAD dari target sebelumnya sebesar Rp412,57 miliar menjadi sebesar 436,66 miliar atau bertambah Rp24,08 miliar. Adapun perubahan dari sisi belanja bertambah Rp1,02 triliun menjadi Rp8,75 triliun dari anggaran sebelumnya Rp7,74 triliun.

    Pembiayaan juga mengalami perubahan sebesar Rp792,87 miliar menjadi Rp1,82 triliun dari anggaran sebelumnya Rp1,03 triliun.(LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...