26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Wakil Ketua IV DPR Papua Barat Dilantik 14 Oktober 2022

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Anggota Fraksi Otonomi Khusus (Otsus) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat, Cartenz Inigo Ortez Malibela, rencananya akan dilantik sebagai Wakil Ketua IV DPR Papua Barat sisa masa jabatan 2019-2024 pada 14 Oktober mendatang.

    Hal itu seperti disampaikan Sekretaris DPR Papua Barat, Frenky Kallex Muguri, kepada wartawan, Kamis (6/10/2022). Frenky mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Tinggi Papua, Asli Ginting, di Jayapura terkait dengan waktunya untuk melantik Cartenz.

    Baca juga:  Ketua Fraksi Otsus DPR PB: Pemprov Jangan Wariskan Persoalan SMA/SMK ke Kabupaten/Kota

    Selain itu, kata Frenky, pihaknya juga berkomunikasi dengan Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, untuk hadir dalam rapat paripurna pelantikan unsur pimpinan DPR Papua Barat dari Fraksi Otsus tersebut.

    “Pelantikan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat dari Fraksi Otsus pelaksanaannya pada tanggal 14 Oktober 2022 Jumat pekan depan,” kata Frenky.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Serahkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2022 ke DPR

    Frenky menjelaskan, rencana setelah pelantikan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat akan dilanjutkan dengan pembahasan dokumen KUA/PPAS APBD induk 2023.

    Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, telah menetapkan Cartenz sebagai Wakil Ketua IV DPR Papua Barat. Penetapan ini tertuang dalam surat keputusan (SK) Mendagri Nomor: 161.92-5719 tahun 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPR Papua Barat sisa masa jabatan periode 2019-2024 tanggal 4 Oktober 2022 di Jakarta.

    Baca juga:  Sorong Bidik Kemandirian Ekonomi lewat Inovasi Layanan Kesehatan Hewan

    Pengesahan jabatan ini setelah DPR Papua Barat mengusulkan dokumen calon Wakil Ketua IV ke Mendagri melalui Pj Gubernur Papua Barat pada 15 Agustus 2022.

    Jabatan unsur pimpinan lembaga legislatif Papua Barat dari Fraksi Otsus ini merupakan perintah PP Nomor 106 tentang Kewenangan dan UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otsus. (LP2/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...

    Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    JAKARTA, linkpapua.com - Ketua Forum Komunikasi Daerah untuk Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda...

    KPU Gelar Rapat, Bahas Tahapan Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- KPU Papua Barat menggelar rapat koordinasi bersama seluruh komisioner KPU kabupaten se-Papua Barat...