25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Papua Barat Tegaskan tak Ada Intervensi Pansel DPRK

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, tidak ada intervensi dalam bentuk apa pun terkait panitia seleksi (pansel) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRD) 2024-2029 tujuh kabupaten di Papua Barat. Menurutnya, pembentukan pansel punya mekanisme tersendiri.

    “Ini, kan, mekanisme sendiri, mekanisme tanpa kampanye. Ini mekanisme pengangkatan. Jadi, hasil musyawarah masyarakat adat itu sendiri. Jadi, kalau ini intervensi, seperti apa? Ini mekanismenya berbeda dengan mekanisme pemilu partai politik,” ujarnya usai pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pansel anggota DPRK di Hotel Aston Niu, Manokwari, Selasa (4/6/2024).

    Baca juga:  Wapres Ma'ruf Amin Hadiri HUT PI di Papua Barat Masih Tunggu Kepastian

    Ali Baham menuturkan apa yang menjadi evaluasi sebelumnya mesti diperbaiki untuk penyusunan rencana ke depannya. “Itu adalah komitmen bersama sehingga jika sudah mengetahui di mana yang kurang, tentunya harus diperbaiki ke depannya,” katanya.

    Adapun pansel yang dilantik sebanyak 35 orang dari tujuh kabupaten, yakni Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Fakfak, Kaimana, dan Teluk Wondama.

    Baca juga:  Kumpulkan Bupati se-Papua Barat, Ali Baham Minta Kerja Sama Ciptakan Pemilu Damai

    Ali Baham menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proses ini, termasuk tim pembentukan pansel dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Papua Barat.

    “Saya mengapresiasi Octavianus Mayor yang sudah memimpin (tim pembentukan pansel) dan menyelesaikan tugas ini dengan tepat waktu. Provinsi lain masih meraba-raba soal regulasi ini,” katanya.

    Ali Baham berpesan kepada para pansel untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme serta memastikan proses seleksi berjalan sesuai aturan dan tidak ada gugatan.

    Baca juga:  Berkunjung ke Teluk Bintuni, Ali Baham: Tak Boleh Ada yang Merongrong Rasa Aman

    “Supaya proses ini tidak mengalami cacat hukum. Jangan sampai ada yang menggugat,” pesannya.

    Ali Baham juga mengingatkan bahwa pengangkatan DPRK sesuai amanat undang-undang yang dikhususkan bagi orang asli Papua (OAP).

    “Ini memang khusus bagi orang asli Papua, lebih detailnya yang ada di Papua Barat,” ucapnya. (LP12/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...