27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Tahun Ajaran 2023/2024, Pemkab Manokwari Salurkan Bantuan Jutaan Rupiah untuk Siswa Kurang Mampu

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com—Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelontorkan anggaran jutaan rupiah, untuk membantu siswa-siswi kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Dukungan pendidikan itu salurkan dalam bentuk uang pendaftaran yang diberikan langsung ke sekolah-sekolah. Pihak sekolah berkewajiban memfervikasi para murid yang tergolong kurang mampu dan benar-benar berhak mendapatkan bantuan tersebut.

    ”Tahun ini juga adanya bantuan pendidikan untuk yang masuk SD sebesar Rp1.000.000 dan masuk SMP Rp1.250.000. Untuk teknis penerimaannya dinas pendidikan yang lebih mengetahui,” kata Kepala BAPPEDA Manokwari Muhammad Irwanto, Kamis (15/6/2023).

    Baca juga:  Gratis! Buat Nomor Induk Berusaha via OSS

    Irwanto mengungkapkan hal tersebut saat menjawab pertanyaan DPRD soal bantuan pendidikan khusus bagi orang asli Papua (OAP) dalam rapat dengar pendapat bersama DPRD. Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Norman Tambunan dan dihadiri sejumlah anggota.

    “Tahun ini juga masih adanya bantuan untuk siswa baru yang tidak mampu berupa 4 set seragam sekolah,” ungkap Irwanto.

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manokwari Marthinus Dowansiba mengakui, bantuan tersebut hanya disosialisasikan ke pihak sekolah. Dirinya membenarkan, data-data siswa yang masuk dalam kategori berhak mendapatkan bantuan itu berasal dari sekolah.

    Baca juga:  Ketua Komisi B DPRD Manokwari: Naikkan Tarif Ojek Tak Boleh Sepihak

    “Dengan kategori siswa yang orang tuanya tidak bekerja, petani, nelayan, buruh atau yang memiliki pendapatan di bawah satu juta rupiah,” jelas Dowansiba.

    Di masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), bukan saja soal penumpukkan murid di sekolah tertentu yang menjadi masalah. Menurut Norman Tambunan, masalah lainnya adalah uang pendaftaran yang dipatok pihak sekolah.

    “Banyak masyarakat yang minta bantu untuk bayar biaya masuk sekolah. Sebenarnya ada atau tidak subsidi dari pemda untuk siswa mendaftar sekolah kususnya bagi kita punya OAP,” ujarnya.

    Baca juga:  Hermus: Gagal Berdayakan Milenial, Kita Akan Tergilas Modernisasi

    Norman Tambunan menegaskan, bantuan pendidikan dari pemda, harus diatur secara baik terutama soal kriteria siswa yang berhak mendapatkan. Juga  mekanisme memperoleh bantuan itu mesti disosialisasikan ke masyarakat.

    “Jumlah biaya masuk atau pendaftaran yang disampaikan ini berbeda-beda di setiap sekolah. Alasannya, uang pendaftaran itu untuk membayar gaji guru honor, untuk bayar uang pembangunan dan beberapa alasan lainnya,” tutupnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...

    Pemekaran 203 Kampung di Pegaf Papua Barat Masuk Tahap Akhir

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asisten I Setda Papua Barat, Oktavianus Mayor, menyampaikan pemekaran calon kampung...