25.4 C
Manokwari
Sabtu, Juli 13, 2024
25.4 C
Manokwari
More

    Suku Besar Kuri Wamesa Gelar Mubes, Bentuk Kelembagaan Masyarakat Hukum Adat

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Musyawarah Besar (Mubes) dan Pra Mubes III Suku Besar Kuri Wamesa dengan tema “Kuri Wamesa Bangkit” berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG), Distrik Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

    Mubes akan dihelat selama dua hari, Jumat (19/5/2023) hingga Sabtu (20/5/2023), dengan partisipasi ratusan perwakilan adat dan masyarakat Kuri Wamesa yang bertujuan untuk membentuk kepengurusan organisasi.

    Baca juga:  Wabup Teluk Bintuni Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Lingkungan Jelang HUT Kemerdekaan RI

    Ketua panitia mubes, Dominggus Urbon, menyampaikan bahwa sejumlah regulasi telah mengakui keberadaan masyarakat hukum adat. Mubes ini pun, kata dia, bertujuan utama untuk membentuk kelembagaan masyarakat hukum adat. “Kuri Wamesa tidak dapat berdiri sendiri tanpa berdampingan dengan suku lainnya,” ujar Dominggus.

    Ia menekankan pentingnya konsolidasi bagi masyarakat adat, termasuk dalam kebijakan Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) yang harus mendukung masyarakat adat. “Keberpihakan terhadap masyarakat adat tidak dapat dilakukan sendiri, perlu diatur,” tambahnya.

    Baca juga:  HUT Ke-20 Teluk Bintuni, Mantan Bupati Bangga dengan Pembangunan Daerah

    Dominggus juga mengajak seluruh komponen di Teluk Bintuni untuk berkolaborasi dengan masyarakat adat dalam membangun daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni dan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkompimda).

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Teluk Bintuni, Haris Tahir, menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bagi masyarakat adat Kuri Wamesa. Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi, terutama dalam momentum tahun politik.

    Baca juga:  Raker Forum Intelektual Risaturi, Kuatkan Sinergi dan Inovasi Antar-Suku di Teluk Bintuni

    Haris Tahir yang mewakili Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, menitipkan pesan penting saat membuka mubes. “Bangkit dalam dua hal, yaitu untuk kepentingan masyarakat dan kepentingan Tuhan,” ucapnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Polres Teluk Bintuni Beri Bantuan Sumur Bor di Kampung Irarutu III Distrik Babo

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni menyalurkan bantuan berupa sumur bor berikut pompa air...

    Dinas PTSP Teluk Bintuni Ingatkan Sanksi Bagi Pengusaha tak Lapor LKPM

    TELUK BINTUNI,linkpapua.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Teluk...

    Usai Terima Rekomendasi Parpol, Relawan Siap Sambut Anisto-Joko Lingara

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni, Yohanis Manibuy-Joko...