27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Jalur KEK Sorong Rusak Parah, DPR Papua Barat Minta Diprioritaskan di 2023

    Published on

    SORONG, Linkpapua – Kondisi jalan kontainer yang menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dari Kota dan Kabupaten Sorong mengalami kerusakan cukup parah. DPRD mendesak agar jalur ini mendapat prioritas di 2023.

    Kondisi jalan KEK berlubang dan bergelombang. Ini juga diperparah oleh permukaan aspal yang terkelupas di beberapa titik.

    Selain mengganggu kenyamanan, jalur tersebut juga rawan terjadi kecelakaan. Merespons Kondisi ini Balai Jalan Nasional telah berupaya melakukan perbaikan seadanya.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Tetapkan APBD Perubahan 2022 Defisit Rp1,1 Triliun

    Wakil Ketua I DPR Papua Barat, Ranley H.L. Mansawan, mengatakan masukan masyarakat itu harus disikapi secara cepat. Sebab, ruas jalan yang masuk dalam jalan nasional itu sudah rusak parah sejak lama.

    “Peningkatan jalan nasional dalam rangka memperbaiki ruas jalan di Kabupaten Sorong itu sudah harus dikerjakan agar dapat dinikmati masyarakat, terutama investasi pada kawasan ekonomi khusus,” jelas Mansawan, Senin (7/11/2022).

    Baca juga:  Kadis PUPR Papua Barat Yohanis Momot Raih Penghargaan IBLA Award 2023

    Menurutnya, harus ada prioritas pengerjaan di 2023. Sebab, jalan sangat vital dan menjadi akses ekonomi lintas Sorong.

    “Balai Jalan Nasional harus melakukan peningkatan jalan secara keseluruhan. Dan memberi prioritas pada 2023. Begitu juga dari segi kualitas harus dimaksimalkan. Supaya dinikmati dan dirasakan masyarakat di sana, khususnya masyarakat di Kabupaten dan Kota Sorong,” kata Mansawan.

    Baca juga:  Mansel Tingkatkan Kesiagaan Hadapi Potensi Gempa Bumi dan Tsunami

    Ia menegaskan, KEK memiliki posisi strategis untuk pembangunan ekonomi dan investasi. Jika kawasan ini menghadirkan infrastruktur yang memadai, akan lebih cepat mendorong pengembangan sektor ekonomi.

    “Maka pengerjaan ruas jalan tersebut dibuat baru karena dilihat dari masa pemeliharaan saja belum memadai. Juga sampah-sampah di sana dimohon kepada Dinas Kebersihan Kabupaten Sorong supaya diperhatikan juga,” pesan politisi NasDem ini. (LP2/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...