25.8 C
Manokwari
Rabu, Februari 21, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Silaturahmi Menuju Mubes, Warga Kuri Wamesa Gelar Buka Bersama

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com- Masyarakat suku besar Kuri Wamesa melaksanakan acara buka puasa bersama, Sabtu (8/4/2023). Buka puasa ini merupakan acara silaturahim dalam rangka menuju hajatan musyawarah besar III Kuri Wamesa Papua Barat.

    Ketua Panitia Dominggus A Urbon mengatakan, acara silaturahmi dan buka puasa bersama dalam rangka menuju musyawarah besar ke III Kuri Wamesa setelah 20 tahun tidak dilaksanakan.

    “Perlu kita adakan dengan satu tema masyarakat Papua khususnya Kuri Wamesa membangun pluralisme orang asli Papua,” ujarnya.

    Baca juga:  Hari ini ETLE Uji Coba di Manokwari, Pelanggar Langsung Dapat Surat Tilang

    Mubes III ini kata dia harus menjadi awal proses transformasi, restorasi dan reformasi. Menurut Urbon, masyarakat adat perlu dikonsolidasikan dan diatur agar ada peran serta dalam pembangunan.

    “Mari kita membangun interaksi, mari kita membangun kebersamaan dan proses adat kita supaya kita maju,” paparnya.

    Urbon mengungkapkan, masyatakat Kuri Wamesa berasal dari 8 kabupaten yang berada di Papua Barat. Bahkan ada juga di Papua.

    “Agenda buka puasa dalam rangka meningkatkan kebersamaan kita dalam toleransi beragama. Tentu ini momentum yang tidak disengaja dalam satu ikatan besar Kuri Wamesa,” katanya.

    Baca juga:  Ini Daftar Kabupaten/Kota di Papua Barat Berstatus PPKM Level 3

    Mubes III Kuri Wamesa sendiri akan dilaksanakan pada 27-28 April 2023 di Bintuni. Mubes diperkirakan akan dihadiri sekitar 1.000 orang.

    “Kita harus bisa menyukseskan. Kalau kita bisa menyukseskan ini kita melakukan transportasi sosial, politik, ekonomi, budaya sebagai bagian dari pembangunan,” jelas Urbon.

    Perekat Kebersamaan

    Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengatakan momentum silaturahmi dan buka puasa untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama. Hajatan ini juga akan memberi nilai tambah bagi masyarakat Kuri Wamesa dalam merekatkan pluralisme.

    Baca juga:  Buka Bersama di Kampung, Momentum SKK Migas Sosialisasi Kinerja Perusahaan

    “Membangun kebersamaan dan ungkapan syukur buat bersama melalui umat beragama Kuri Wamesa,” tutur Waterpauw.

    Menurut Waterpauw, buka puasa ini sebagai pengantar suksesnya pelaksanaan musyawarah besar III Kuri Wamesa yang akan dilakaankan bulan ini. Dia berharap pelaksanaan mubes dapat berjalan dengan baik dengan menjaga situasi daerah. (LP9/Red)

    Latest articles

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    0
    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024). Ada dua kursi menteri yang akan bergeser. Keduanya yakni, posisi Menko...

    More like this

    Hari ini Reshuffle, Hadi Ganti Mahfud, AHY jadi Menteri ATR/BPN

    JAKARTA, linkpapua.com- Reshuffle kabinet akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu hari ini (22/2/2024)....

    Isu Reshuffle Besok: Hadi Diplot jadi Menkopolhukam, AHY Isi Kursi Menteri ATR

    JAKARTA,linkpapua.com- Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet, Rabu besok (21/2/2024). Isu yang...

    Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, ASN harus menjadi...