27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Seleksi Komisioner KPU Mansel Dipertanyakan, Zulfitra Dicoret-Muncul Pengganti Baru

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Kepastian hasil seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Provinsi Papua Barat, menuai kontroversi.

    Peserta seleksi, Zulfitra, mempertanyakan pengumuman hasil KPU RI yang awalnya menyatakan dirinya lolos, tetapi kurang dari 24 jam kemudian diganti.

    Hasil seleksi komisioner KPU terpilih kabupaten/kota di Papua Barat diumumkan, Minggu (23/7/2023). Zulfitra awalnya merasa lega karena namanya masuk dalam daftar terpilih berdasarkan abjad nama, menduduki posisi ke-5 di KPU Mansel.

    Baca juga:  Jelang Prancis Vs Maroko: Sepakbola Negatif Singa Atlas Dikecam

    Namun, kelegaan Zulfitra tidak berlangsung lama. Kurang dari 24 jam setelah pengumuman pertama, KPU RI mengeluarkan keputusan baru dengan mencoret nama Zulfitra dan menggantinya dengan salah satu peserta seleksi calon komisioner KPU Mansel yang masuk dalam sembilan besar.

    Hal ini menimbulkan pertanyaan besar bagi Zulfitra, mengapa dirinya digantikan tanpa disertai alasan yang jelas dalam surat pembatalan yang diterimanya. Selain itu, Zulfitra mengungkapkan tidak ada konfirmasi dari KPU RI atau KPU setempat mengenai pergantian ini.

    Baca juga:  Salasa Mansim Ajak Pendemo Jaga Kantibmas

    “Saya pertanyakan adalah surat tersebut tidak melampirkan alasan kenapa saya diganti dan tidak ada konfirmasi dari KPU RI maupun KPU setempat menghubungi saya untuk menyampaikan alasan kenapa saya harus mengganti,” ujar
    Zulfitra, Senin (24/7/2023).

    Zulfitra membantah dirinya tidak memenuhi syarat karena pernah mengikuti sebagai calon legislatif (caleg) pada 2019 lalu dan belum mencapai masa jabatan minimal lima tahun.

    Baca juga:  2 Hari Jelang Penetapan DCT, KPU Mansel Minta ASN-Kepala Kampung Mundur

    Ia juga menegaskan selama tahap administrasi, dirinya telah dinyatakan lolos dan telah melewati berbagai tahapan seleksi hingga fit and proper test dengan total 20-10 besar. Saat diwawancara, Zulfitra juga dengan jujur telah menjelaskan dirinya pernah mencalonkan diri sebagai caleg pada 2019.

    Atas peristiwa ini, Zulfitra berharap pihak berwenang dapat memberikan penjelasan yang jelas dan transparan terkait pergantian tersebut. (*/Red)

    Latest articles

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP...

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan visi dan misinya sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sorong Selatan...

    More like this

    Paulinus Kora Paparkan Visi dan Misi sebagai Bacabup Sorsel di DPP PKB

    JAKARTA, LinkPapua.com - Paulinus Kora, yang dikenal dengan panggilan Kaka Paulinus Kora (KPK), memaparkan...

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...