28.2 C
Manokwari
Senin, Maret 4, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Sambut Idul Fitri, Pemuda Muslim Yakora Gelar Pawai Obor dan Takbir Keliling

    Published on

    BINTUNI, Linpapu.com– Menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah di pedalaman Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, para pemuda di Kampung Yakora Distrik Yakora menyiapkan kegiatan pawai obor dan takbir keliling. Kegiatan ini diinisiasi Pemuda Muslimin Papua Distrik Yakora.

    Kegiatan akan berlangsung pada malam Lebaran dengan mengambil garis start di halaman Masjid Al-Makabaik di ibukota Distrik Yakora.

    Ketua panitia pelaksana, Arifin Kokop kepada wartawan menjelaskan, takbir keliling dengan berjalan kaki dan membawa obor ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan para pemuda Muslim Yakora.

    Baca juga:  Maju di Pileg 2024, Sugandi Ingin Jadikan Parlemen Medan Pengabdian Luas

    “Seluruh masyarakat Muslim di Yakora akan terlibat dalam semarak malam takbiran ini. Alhamdulillah selama ini kegiatan dapat berlangsung berkat sumbangsih dari para donatur,” ungkap Arifin Kokop, didampingi Dalih Kokop (bendahara panitia) dan Karim Bauw (sekretaris panitia), Selasa (11/4/2023).

    Titik kumpul pawai obor untuk takbir keliling ini sengaja dimulai dari halaman Masjid Al-Makabaik, sebagai masjid tertua di Distrik Yakora. Keberadaan masjid Al-Makabaik sendiri telah menjadi simbol persatuan masyarakat adat di Yakora, dimana penamaan masjid merupakan penggabungan dari nama-nama marga yang ada di Distrik Yakora.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Buka Puasa Bersama Warga Binaan Lapas Manokwari

    Karim Bauw, sekretaris panitia menjelaskan, nama masjid Al-Makabaik merupakan penggabungan dari nama marga Manimi, Kambori, Bauw, Imbimbo dan Kokop. Masjid ini dibangun sejak tahun 2010 silam, ketika Yakora belum terbentuk sebagai distrik.

    “Jadi bisa dibilang, Masjid Al-Makabaik ini menjadi masjid tertua di Yakora, dan menjadi symbol persatuan masyarakat adat di Yakora,” ujar Karim.

    Baca juga:  Kendala Cuaca, Surat Suara untuk KPU Pegaf Didistribusi Jumat Pagi

    Sebelum kegiatan pawai obor untuk takbir keliling, para pemuda muslim Yakora akan merangkainya dengan kegiatan Buka Puasa Bersama. Namun untuk kegiatan yang akan mengundang seluruh masyarakat muslim di Distrik Yakora, belum ditentukan tempatnya.

    “Nanti setelah kami kembali ke kampung, kami akan musyawarahkan dulu dimana tempat yang pas untuk pelaksanaan buka puasa bersama ini,” tukas Dalih Kokop. (LP5/red) 

    Latest articles

    500 Bibit Cabai Ditanam di Kebun PKK Papua Barat, Target Panen...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Siti Mardiana Temongmere menghadiri Gerakan Tanam Cabai Serentak seluruh Indonesia, di kebun PKK Susweni, Papua...

    More like this

    500 Bibit Cabai Ditanam di Kebun PKK Papua Barat, Target Panen 3 Bulan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Siti Mardiana Temongmere menghadiri Gerakan...

    Sampaikan Ucapan HUT Satpol PP, Ali Baham: Jaga Profesionalitas, Layani Warga

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memberikan ucapan selamat HUT...

    Pj Gubernur Ali Baham Tunjuk Derek Ampnir sebagai Plt Kadis Nakertrans Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menunjuk Derek Ampnir sebagai Plt...